Upaya Pengelolaan Sampah, DLH PPU Gelar Kegiatan Lomba Bank Sampah

by -25 Views
Kami telah melakukan beberapa monitoring atau penilaian kebeberapa titik kelurahan dan desa yang ada di Benuo Taka ini, Kamis (27/06/24).

BERITAPENAJAM, – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), menggelar lomba pengelolaan bank sampah dalam rangka memperingati hari puncak lingkungan hidup 2024.

Kepala DLH PPU Safwana mengatakan, dilaksanakannya hal tersebut bertujuan memberikan motivasi dan meningkatkan kebersihan masyarakat dalam mengelola sampah serta mengapresiasi dan pembinaan bank sampah dibeberapa titik wilayah.

“Kami telah melakukan beberapa monitoring atau penilaian kebeberapa titik kelurahan dan desa yang ada di Benuo Taka ini,” ucapnya, Kamis (27/06/24).

Diketahui, jumlah bank sampah di PPU berjumlah 190 unit yang tersebar di empat kecamatan. Yang tergolong, seperti Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), dan tingkat sekolah.

“Dari 190 unit yang ada, Peserta yang ikut dalam lomba ini berjumlah 31 yang terdiri dari KSM, SKPD, dan sekolah yang ada di PPU,” terangnya.

Selain rangkaian lomba tersebut, terdapat juga kategori “Best of the Best“, yang diikuti 6 peserta terbaik dari masing-masing golongan yakni, 2 SKPD, 2 KSM,dan 2 sekolah, yang waktu lalu telah memenangkan kegiatan itu.

Adapun, yang telah verifikasi lapangan untuk kategori Best of the Best berada di empat lokasi yakni, SDN 016 Kelurahan Gunung Seteleng, KSM Bank Sampah Unit Mawar Merah Kelurahan Nenang, KSM Anggrek Merah di Kelurahan Lawe Lawe, Bank Sampah Unit Dinas Kesehatan.

Sementara, pihak peserta yaitu dari Dinas Kesehatan (Dinkes) PPU, yang diwakili oleh Samsir Jafar selaku ketua tim kesehatan lingkungan, berharap, dengan pengadaan Lomba Bank Sampah itu dapat memotivasi terkhusus internal, agar lebih giat dalam mengelola sampah.

Kendati demikian, lanjut Samsir, Pihak SKPD lain diharapkan juga turut bersama-sama dengan meningkatkan keasrian lingkungan bersama masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan adanya lomba seperti ini dapat memotivasi kami dalam pengelolaan sampah, tidak hanya internal kami sebagai peserta, tetap juga pihak eksternal,” harapnya. (Sam/Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.