Tingkatkan Kualitas Pertanian, DKP PPU Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik

by -88 Views

BERITAPENAJAM, – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), mendorong kepada petani di daerah untuk menggunakan pupuk organik dalam meningkatkan kualitas pertanian.

Sekretaris DKP PPU Arief Murdiyatno menerangkan, peningkatan penggunaan pupuk organik di PPU, dengan tujuan memajukan kualitas hasil pertanian dan dapat bersaing di pasar. Disebabkan selama ini beras petani lokal masih kalah bersaing dengan beras dari Sulawesi dan Jawa.

“Kualitas beras yang di hasil petani di PPU masih kalah bersaing dengan beras dari Sulawesi dan Jawa,” ucap Arief Murdiyatno, Selasa, (5/8/2024).

Dinas Ketahanan Pangan PPU mengutamakan para petani untuk menggunakan pupuk organik, di bandingkan dengan pupuk kimia. Lantaran, beras yang dihasilkan dari hasil pertanian PPU kini belum mampu mengimbangi kualitas dari luar daerah.

Dengan hal ini, dalam meningkatkan kadar keasaman tanah dari tanaman padi, yakni di kisaran angka enam sampai tujuh. Untuk itu, petani diminta untuk menggunakan pupuk organik agar dapat memperbaiki unsur tanah.

Lanjutnya, Sekretaris DKP PPU mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) sudah lakukan penyusunan draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang penggunaan pupuk organik.

“Raperda tentang Penggunaan Pupuk Organik sedang dibahas di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) . Secara bahan baku pupuk organik di PPU cukup memadai,” tutupnya.  (Rd/Bp2/Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.