PT Pertamina Hulu Sanga Sanga Dukung Pengembangan Gelar Pelatihan Perangkat Lunak Komputer di Desa Kutai Lama, Kukar

by -121 Views
Peserta pelatihan yang berjumlah 16 orang dan berusia antara 18-25 tahun ini mendapatkan materi tentang penggunaan Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Acces, dan Microsoft Power Point mulai dari tingkat beginner, basic, hingga intermediate.

BERITAPENAJAM.NET – PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) mengadakan kegiatan peningkatan keterampilan kerja para pemuda tempatan melalui Pelatihan Microsoft Office selama dua hari yang berlangsung pada 9-10 Februari 2024. Program pelatihan ini terlaksana melalui kerja sama antara PHSS dan Pemerintah Desa Kutai Lama, Kutai Kartanegara (Kukar).

Peserta pelatihan yang berjumlah 16 orang dan berusia antara 18-25 tahun ini mendapatkan materi tentang penggunaan Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Acces, dan Microsoft Power Point mulai dari tingkat beginner, basic, hingga intermediate.

Head of Comrel & CID Zona 9 Elis Fauziyah menyampaikan bahwa PHSS mendukung pengembangan kapasitas pemuda tempatan melalui berbagai program CSR di bidang pendidikan yang diselenggarakan oleh perusahaan. Elis pun menyatakan bahwa PHSS senantiasa bersinergi dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait pengembangan masyarakat dalam program-program CSR perusahaan di sekitar wilayah operasi Perusahaan.

”Melalui pelatihan aplikasi perangkat lunak berupa microsoft office ini, kami berharap para peserta dapat meningkatkan keterampilan mereka sehingga mampu menunjang pekerjaan dan kinerja yang unggul,” jelas Elis.

Kepala Desa Kutai Lama Mullidin menyampaikan, pemuda di desanya memiliki potensi maju dalam pengaplikasian perangkat lunak penunjang pekerjaan ini. Namun, mereka sering terkendala minimnya fasilitas yang memadai dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan.

”Dengan adanya pelatihan ini, permasalahan kurangnya pelatihan dapat terjawab. Kami dari pihak desa berharap para peserta dapat mengembangkan ilmu yang dipelajari sehingga meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja,” ujar Mullidin.

Salah satu peserta, Rasti Nur Azzahra, menyampaikan bahwa pelatihan ini membantunya dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam penggunaan aplikasi penunjang seperti Microsoft Office. ”Materi yang diberikan sangat mudah untuk dimengerti dan diaplikasikan. Sertifikat dari pelatihan ini nantinya dapat menjawab kebutuhan persyaratan dalam melamar pekerjaan,” tambahnya.

Dalam kesempatan terpisah, Manager Communication Relations & CID PT Pertamina Hulu Indonesia mengungkapkan kebijakan perusahaan untuk terus menjalankan program-program CSR yang inovatif dan berkelanjutan sebagai langkah penting dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs).

”Di program pelatihan ini, kami berusaha mendukung pencapaian SDGs terutama terkait tujuan No 4, yaitu pendidikan berkualitas; dan tujuan No 8, yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

Menurut Dony, PHI percaya bahwa kemajuan masyarakat melalui jalur pendidikan dan pelatihan akan mendukung keberhasilan operasi dan bisnis perusahaan untuk terus menghasilkan produksi migas bagi Indonesia. Oleh karena itu, Dony menambahkan bahwa tahun 2024 ini perusahaan berencana akan memulai program Beasiswa Sobat Bumi Kalimantan, yaitu bantuan pendidikan untuk menempuh pendidikan tinggi setingkat sarjana bagi siswa SMA sederajat yang berasal dari keluarga tidak mampu di wilayah operasi Perusahaan.

PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) yang menjalankan pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) di Wilayah Kerja Sanga Sanga di Kalimantan Timur. Melalui kerja sama dengan SKK Migas, PHSS bersama  anak perusahaan dan afiliasi PHI lainnya menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang inovatif di bidang Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, Infrastruktur dan Tanggap Bencana guna mendukung pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). PHI berkantor pusat di Jakarta

Sumber : PT Pertamina Hulu Indonesia

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.