Program Sawit Rakyat di PPU Kian Dirasakan

by -302 Views

Gagasan Bupati PPU, Yusran Aspar Sejak 2004

 BERITAPENAJAM.Net-Program sawit rakyat yang telah digagas oleh Bupati Penajam Paser Utara (PPU) H. Yusran Aspar sejak 2005 lalu terus berkembang dan dirasakan oleh seluruh masyarakat di tanah benua taka tercinta. Melalui program tersebut, pemerintah daerah setiap tahun telah memberikan bantuan mulai  bibit sawit gratis, herbisida hingga pupuk untuk 2 ribu haktare  setiap tahun di PPU.

“Alhamdulillah program ini terus berkembang dan dapat dirasakan langsung  masyarakat PPU. Ketika itu lahan kebun sawit rakyat yang kita jalankan hanya berkisar 8000 haktare. Kini program sawit rakyat dari pemerintah daerah saat ini telah meningkat drastis menjadi lebih dari 40 ribu haktare ,” ungkap Yusran Aspar dalam satu kesempatan.

Ketika ditemui sejumlah masyarakat pemilik perkebunan sawit rakyat mengatakan juga  sangat bersyukur dengan program tersebut. Betapa tidak, melalui program yang digagas orang nomor satu di PPU sejak beberapa tahun lalu tersebut,  masyarakat memperoleh bantuan secara geratis banthuan dari pemerintah daerah. Setiap tahunpun pemerintah daerah terus menambah luasan lahan pertanian yang ada hingga 2000 haktare.

Seperti salah satunya diungkapkan Usmansyah yang merupakan kelompok tani asal kecamatan waru ini. Ia mengungkapkan sangat bersyukur dengan program yang telah diberikan oleh bupati PPU tersebut. Ia juga mengungkapkan melalui sawit rakyat tersebut, sejak saat program itu dijadikan masyarakat sebagai sumber penghasilan bagi keluarga  mereka.

“Alhamdulillah program sawit rakyat ini sangat membantu kehidupan keluarga kami hingga saat ini. Kami sampaikan ucapan terimakasih kepada bupati PPU atas program tersebut, “ungkap Usmansyah, Rabu, (14/9) kemarin.

Diceritakan dia, saat itu tahun 2004 dirinya sebagai salah satu kelompok tani di kecamatan waru  telah memperoleh bantuan bibit sawit masing-masing 2 haktare setiap orang. Namun dengan kondisi yang masih dalam tahap pembelajaraan saat itu, petani masih banyak  menemui kegagalan tanam di lahan.

Kemudian pada tahun berikutnya, pemerintah daerah melakukan berbagai pembinaan tentang perkebunan sawit bagi masyarakat setempat. Sejak saat itu lanjutnya, keberhasilan pekebun sawit menjadi lebih baik. Hingga saat ini, program tersebut bahkan terus mengalami peningkatan dilingkungan masyarakat.

“ Salah satunya saat ini kelompok tani kami yang meliputu kelurahan waru, desa sesulu dan desa api-api tersebut, telah memiliki lebih dari 180 haktare perkebunan sawit melalui kebun sawit rakyat dari pemerintah daerah, “ungkapnya.

Dirinya juga menceritakan, sejak menerima bantuan melalui program sawit rakyat di PPU tersebut, kehidupan ekonomi mereka berjalan dengan baik. Hal itu dapat terlihat bahwa saat ini  Usmansyahmampu membangun sebuah kediaman untuk keluarga mereka ya ng lebih baik. Dirinyapun menceritakan saat itu dapat menyekolahkan putra kesayangannya hingga menjadi seorang polisi.

“Alhamdulilah ini semua merupakan berkah yang besar yang diperoleh melalui sebuah gagasan seorang kepala daerah. Semoga program ini terus dapat berjalan dan bermanfaat bagi selurhuh  masyarakat PPU, “pungkasnya. (Humas6)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.