Pemkab PPU Siap Sukseskan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2024

by -140 Views
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) siap mensukseskan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih tahun 2024, yang akan dilaksanakan mulai 1 Juni sampai dengan 17 Agustus 2024.

BERITAPENAJAM, – Dalam rangka menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) siap mensukseskan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih tahun 2024, yang akan dilaksanakan mulai 1 Juni sampai dengan 17 Agustus 2024, kegiatan pencanangan awal yang mengambil tempat di Kab.PPU yang rencana akan dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI).

Makmur Marbun juga mengatakan, hal yang melatar belakangi adanya gerakan pembagian bendera merah putih ini, karena kesadaran masyarakat dalam memasang bendera merah putih pada hari-hari besar nasional sudah mulai berkurang, hal tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman dan kesadaran dalam mengenal sejarah Indonesia dalam memperebutkan kemerdekaan, dan semakin memudarnya semangat nasionalisme di jiwa masyarakat Indonesia.

Ia juga menjelaskan kondisi tersebut semakin diperparah dengan maraknya muncul paham-paham yang bertentangan dengan ideologi panacasila, yang memberikan pengajaran kepada msyarakat, salah satunya yaitu untuk tidak perlu mengibarkan bendera merah putih.

“Karena itu harus ada upaya saling menyadarkan atau mengingatkan agar masyarakat memiliki kesadaran tinggi bahwa pengibaran bendera putih sudah menjadi keharusan dan bahkan kebutuhan sebagai salah satu wujud rasa cinta tanah air,” ucapnya.

Makmur Marbun juga menambahkan rencana aksi nantinya akan dilaksanakan dengan durasi waktu yang lebih lama dibandikan tahun sebelumnya agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, khususnya menjelang pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah serentak Tahun 2024, Masyarakat mendapatkan semangat baru untuk memberikan diri bagi bangsa dan negara guna Indonesia yang lebih baik.

“Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih akan dilaksanakan dengan menggalang partisipasi dan swadaya masyarakat, baik secara pribadi, kelompok, organisasi kemasyarakatan, unsur pemerintahan, maupun swasta, dengan Kesbangpol sebagai leading sektornya,”tutupnya.

Hasil rapat koordinasi antara pemerintah Kab.PPU dengan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Politik dan PUM) Kementerian dalam negeri (Mendagri), yang rencana akan menggelar kirab bendera merah putih dan pembagian bendera kepada masyarakat yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 08/06/2024 yang star awal di depan Masjid agung Al-Ikhlas yang finish di halaman kantor Bupati.

Kirab bendera ini melibatkan drum band dari sekolah, dan tim paskibraka, pelajar SD, SMP, SMA, ormas, dan semua OPD. (bp1/Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.