Pemkab PPU Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

by -114 Views

BERITAPENAJAM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H dengan tema “Nabi Muhammad SAW Teladan Utama Merawat Kebhinekaan” yang dilaksanakan di aula lantai I Masjid Al Ikhlas Nipah Nipah, Rabu (11/10/2023) siang. Hadir sebagai penceramah dalam kesempatan tersebut Ustaz H. Agus Chairul Huda.

Sekretaris Daerah (Sekda) PPU Tohar dalam sambutannya menyampaikan pentingnya mengetahui dan memaknai maulid Nabi Muhammad SAW. Ia menyebut sudah sepatutnya bersyukur atas takdir dan nikmat dari Allah SWT bahwa semua yang hadir dapat mengimani Nabi Muhammad SAW.

Jarak waktu yang jauh antara diri sendiri dengan Nabi Muhammad SAW menyebabkan diri tidak dapat mengenal Nabi Muhammad SAW secara langsung karena tidak dapat bertemu. Namun demikian, sambungnya, kita dapat mengenal lebih jauh melalui sejarah yang disampaikan oleh para ustaz dan kiai.

Ia menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak hanya menjadi contoh bagi umat Islam namun juga bagi umat manusia seluruhnya. Ia meminta kepada para jamaah untuk senantiasa mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW.

“Setelah tahu dan memaknai (maulid), mudah-mudahan tiba waktunya kepada diri untuk senantiasa menghidupkan sunnah-sunnahnya,” ucap Tohar.

Ia menyebut barangsiapa yang menghidupkan sunnah Nabi Muhammad SAW, maka dialah orang yang cinta kepada Nabi, dan barangsiapa yang cinta, Insya Allah berbarengan dengan Nabi di surga.

“Mari kita sebanyak mungkin tanpa batas senantiasa bersholawat kepada Nabi sebagai salah satu bukti cinta dan mahabbah kita kepada Nabi,” ajak Tohar.

Ustaz H. Agus Chairul Huda dalam ceramahnya menyampaikan upaya-upaya yang harus dilakukan untuk mencintai Rasulullah dengan cinta sebenar-benarnya, di antaranya menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai panutan dalam kehidupan, mencintai Al-Qur’an, mempelajari sejarah Nabi dan mengikuti akhlaq Nabi Muhammad SAW.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ditutup dengan doa bersama yang dilanjut dengan pembagian telur hias. Telur hias yang dibagikan merupakan hasil perlombaan yang diselenggarakan Pemkab PPU yang diikuti oleh perangkat daerah maupun organisasi wanita di lingkungan pemerintah. Lomba hias telur dengan tema “Satu Telur Satu Sholawat” ini dimenangkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana PPU sebagai Juara I.

Tampak hadir dalam peringatan tersebut, Bupati PPU Periode 2022-2023 Hamdam beserta Ketua PKK Periode 2022-2023 Satriyani Sirajuddin Hamdam, perwakilan Forkopimda PPU, dan Pengurus Masjid Al Ikhlas PPU. Acara diikuti juga oleh pegawai Pemkab PPU, organisasi wanita di wilayah PPU, dan perkumpulan majelis ta’lim di PPU.(Nis/ADV/KMF)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.