Pemkab PPU Akan Gelar Penilaian Camat Berprestasi Dalam Waktu Dekat

by -240 Views
Berdasarkan surat edaran dari Sekretariat Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Nomor 100.1/346/BPOD.II/2024 tanggal 22 Mei 2024 perihal Penilaian Camat Berprestasi tingkat provinsi dan menindaklanjuti hasil rapat penyampaian parameter Penilaian Camat Berprestasi tingkat kabupaten Tahun 2024 tanggal 28 Mei 2024.

BERITAPENAJAM, – Berdasarkan surat edaran dari Sekretariat Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Nomor 100.1/346/BPOD.II/2024 tanggal 22 Mei 2024 perihal Penilaian Camat Berprestasi tingkat provinsi dan mentindak lanjuti hasil rapat penyampaian parameter Penilaian Camat Berprestasi tingkat Kabupaten Tahun 2024 tanggal 28 Mei 2024.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) akan menggelar penilaian Camat berprestasi tingkat kabupaten dalam waktu dekat, pelaksanaan tersebut sebagai bentuk pembinaan serta apresiasi camat atas kinerja dan pelaksanaan tugasnya bidang pemerintahan umum dan pelayanan publik.

Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten PPU Nicko Herlambang menyampaikan, hal ini merupakan bagian dari evaluasi pemerintah yang sebelumnya tidak pernah dilaksanakan, camat berprestasi tingkat kabupaten tersebut mulai dinilai pada tanggal 05 juli 2024.

“Tahun 2024 ini pertama kalinya kita mengadakan penilaian Camat berprestasi ini sebagai evaluasi kita yang sebelum-sebelumnya tidak pernah dijalankan,” ucapnya.

Adapun, beberapa parameter yang menjadi penilaian pemerintah, yakni, perencanaan, kegiatan dan penganggaran, peran kecamatan dalam pemberdayaan masyarakat di desa/kelurahan serta pembinaan teknis, ketentraman dan ketertiban umum dan kesiapan dalam pelaksanaan Pilkada serentak, pelayanan publik (standar pelayanan dan survey kepuasan masyarakat), penerapane-government, inovasi.

“Jadi ada enam parameter utama yang menjadi acuan seperti apa pemerintah kecamatan melakukan presentasi terhadap kita (Pemkab) jadi ini sebagai penilaian juga, apakah selama ini mereka bekerja, artinya selama ini bagaimana mereka mempersuasikan dari level kecamatan menuju desa,” jelas Nicko.

Ia mengatakan Masing-masing parameter tersebut menjadi panduan pemkab untuk dapat melihat camat yang memiliki nilai yang terbaik tidak hanya itu faktor inovasi menjadi yang terpenting seperti apa mengembangkan daerah yang menjadi kendalinya.

“Jadi poin-poin pemberatan ini menjadi penilaian kita kepada camat diempat kecamatan kabupaten yang berjuluk Benuo Taka ini,” sambungnya.

Kemudian, penilaian Camat berprestasi itu akan diumumkan pada 31 juli 2024, setelah ditentukan pemenang dari penilaian tersebut maka akan dikompetisikan di tingkat provinsi.(Sam/Adv).

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.