Masalah Inflasi, Pemkab PPU Gelar Rapat

by -22 Views

BERITAPENAJAM– Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun pimpin rapat atasi inflasi di PPU, Selasa (10/10/2023) Sore. Rapat dilaksanakan di ruang rapat Kantor Bupati PPU yang dihadiri oleh Ketua Harian dan Hubungan Antarlembaga Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas) Andrian Lame Muhar, Kepala KCP Perum Bulog Tanah Grogot A.B. Mukti Wibowo, Kepala KSOP Kelas I Balikpapan Capt. Bharto Ari Raharjo, Wakil Ketua DPC INSA Balikpapan Joko Subiyanto, perwakilan DPC APBMI Balikpapan Arnold Tambunan, Kepala Dishub PPU Andi Singkerru, Kepala KUKM Perindag PPU Saidin, dan perwakilan pedagang pasar dari masing-masing kecamatan di wilayah PPU.

Makmur dalam rapat tersebut menyampaikan bahwa PPU sebagai wilayah yang bertetangga dengan Ibukota Negara (IKN) Nusantara harus menyiapkan diri mengantisipasi inflasi. Dua belas ribu pekerja yang masuk ke wilayah IKN, sebutnya, akan memengaruhi ketersediaan bahan pangan yang berujung pada inflasi. Untuk itu, Ia mengumpulkan para pemangku kepentingan terkait guna menekan ongkos transportasi sehingga harga dapat menjadi lebih rendah.

Dalam rapat tersebut dibahas pentingnya Pelabuhan Buluminung sebagai akses utama masuknya bahan pangan dan pentingnya memangkas jalur darat maupun laut sehingga biaya tranportasi dapat ditekan.

Ketua Harian dan Hubungan Antarlembaga Inkoppas Andrian Lame Muhar yang hadir secara daring menyampaikan bahwa untuk menekan inflasi dalam waktu dekat, langkah terbaik adalah berkoordinasi dengan Bulog untuk segera mengirimkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Langkah ini terbukti berhasil di daerah lain, sebutnya. Ia meminta agar Pemerintah Kabupaten PPU dapat mendata bahan yang dibutuhkan oleh PPU secara berkala agar pemenuhan kebutuhan dapat dilakukan dengan efektif.

Lebih lanjut Makmur Marbun menanggapi bahwa pengiriman bahan dari Bulog dapat dilakukan sebagai solusi jangka pendek. Ia meminta sebagai solusi jangka panjang dinas terkait dapat mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan apabila Pelabuhan Buluminung dapat dijadikan pintu utama pasokan bahan pangan di PPU.(Nis/*DiskominfoPPU/BP/ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.