Makmur Marbun Resmi Buka MTQ Ke -19 Tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara Tahun 2024

by -42 Views
Pembukaan MTQ ke-19 tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Tahun 2024 resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati PPU, Makmur Marbun yang digelar di kecamatan Waru.

BERITAPENAJAM.NET, – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-19 tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Tahun 2024 resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati PPU, Makmur Marbun yang digelar di kecamatan Waru, kabupaten PPU, Sabtu, (27/4/2024) malam.

Pembukaan ini ditandai dengan penekanan tombol oleh Pj. Bupati PPU dan pejabat terkait lainnya sebagai tanda dimulainya MTQ ke-19 tingkat kabupaten PPU yang akan berlangsung mulai 27 April 2024  hingga 1 Mei 2024 ini.

Dalam sambutannya Pj. Bupati PPU, Makmur Marbun disela sela pembukaan ini mengatakan kehadiran dan keterlibatan semua pihak dalam mensukseskan pelaksanaan MTQ ke-19 ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi semua sebagai masyarakat Kabupaten PPU.

” Dengan penuh rasa bahagia dan suka cita, saya ucapkan selamat datang kepada seluruh hadirin pada pembukaan MTQ ke-19  saat ini,” kata Makmur Marbun.

Makmur Marbun Mengatakan bahwa MTQ  merupakan kegiatan yang telah tertradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa.

Kehadiran MTQ ini senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat, mengingat acara keagamaan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

Selain itu, lantunan ayat suci Al-Qur’an yang menggema selama pelaksanaan MTQ nantinya diyakini mampu menciptakan nuansa religius dan menghadirkan suasana yang memberi kesejukan, baik lahir maupun batin bagi masyarakat.

“MTQ juga dapat menjadi forum silaturahmi yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan kebersamaan  lintas etnis dan agama sebagai sesama warga masyarakat PPU,” ujarnya.

Pelaksanaan MTQ ke -19 tingkat kabupaten PPU ini tambah dia, juga diharapkan berperan dalam seleksi tilawatil qur’an untuk tingkat selanjutnya yaitu tingkat provinsi bahkan sampai tingkat nasional nantinya.

Oleh karena itu, Makmur Marbun menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada masyarakat dan semua pihak yang telah berpartisipasi terselenggaranya MTQ ke-19 tingkat kabupaten PPU sebagai salah satu bagian dari upaya peningkatan pembinaan sumber daya manusia yang telah menjadi agenda tetap program pemerintah dalam kegiatan keagaamaan.

” Saya yakin jika kita terus bersatu dan bahu membahu bersinergi bersama, kita dapat mengantarkan kabupaten  PPU menjadi lebih maju dalam segala aspek pembangunan termasuk diantaranya dalam hal pembinaan seni baca Al – Qur’an,” ucapnya.

Direktur Produk Hukum Daerah pada Direktorat Otonomi Daerah Kemendagri ini juga menyampaikan pesan kepada seluruh Dewan hakim agar memberikan penilaian se-objektif mungkin dalam pelaksanaan MTQ ke-19 tingkat kabupaten PPU tersebut.

” Saya minta seluruh dewan hakim dalam kegiatan MTQ ini harus objektif, sehingga tidak merugikan atau menguntungkan salah satu peserta,” tutupnya.

Dalam pembukaan MTQ ke-19 tingkat kabupaten PPU, Makmur Marbun juga membagikan puluhan doorprize menarik kepada peserta MTQ ke-19 mulai sepeda gunung, televisi, kulkas dan sebagainya yang disambut antusias oleh para peserta dari empat kecamatan di kabupaten PPU ini.

Tampak hadir dalam kegiatan ini sejumlah unsur Forkopimda kabupaten PPU, Sekretaris Daerah Kabupaten PPU, Tohar, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Nicko Herlambang, Asisten II, Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sodikin dan sejumlah pejabat terkait lainnya. (Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.