KPU Penajam Paser Utara Buka Belum Terima Tanggapan Masyarakat Soal DCS Pileg 2024

by -41 Views

BERITAPENAJAM– Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan hingga hari terakhir dibukanya tanggapan publik terkait Daftar Calon Sementara (DCS) Bacaleg Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), KPU belum menerima adanya laporan masuk dari masyarakat setempat.

 

Komisioner KPU PPU Tono Sutrisno mengatakan tanggapan masyarakat telah dibuka sejak tanggal 19 sampai dengan 28 Agustus 2023 ini.

 

“Terkait tanggapan masyarakat pasca DCS dari tanggal 19-28 Agustus itu. Kita sudah menunggu informasi dari masyarakat, bawaslu maupun partai politik itu tidak ada satupun tanggapan untuk di PPU,” ungkapnya, Selasa (29/8/2023).

 

Baik melalui email, media sosial, website maupun masyarakat yang datang ke Kantor KPU langsung, tidak ada laporan dari masyarakat.

 

Maka dengan itu seluruh bacaleg saat ini masih tetap Memenuhi Syarat (MS) hingga sampai dengan rancangan Daftar Calon Tetap (DCT) nantinya.

 

“Artinya bacaleg yang saat ini MS, itu akan tetap MS sampai dengan rancangan DCT. Ini kan seharusnya tahapan setelah ini kita melakukan klarifikasi terhadap orang yang diberikan tanggapan. Tetapi karena tidak ada jadi kita menunggu tahapan penyusunan DCT sambil menunggu arahan dari pusat,” ujarnya.

 

Untuk tahapan DCT sama seperti tahapan DCS kemarin yang mana partai politik dipersilahkan untuk mencermati kembali bakal calon yang ada di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU.

 

“Apakah ada perubahan yang ingin dilakukan, seperti perubahan nomor urut atau bahkan melakukan pergantian, itu masih bisa di masa pencermatan DCT, itu waktunya 24 September – 3 Oktober mendatang,” tuturnya. (adl)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.