Ketua Komisi II DPRD PPU Sebut Bendung Telake Selain Berdampak Bagi Petani, Juga Dapat Meminimalisir Banjir

by -81 Views

BERITAPENAJAM, – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Penajam Paser Utara (PPU) Wakidi berharap pemerintah pusat segera merealisasikan pembangunan Bendung Sungai Telake di Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser.

 

“Kami berharap pemerintah pusat segera membangun Bendung Telake,” harap Wakidi, Kamis (25/5/2023).

 

Wakidi mengatakan, selain dari manfaat bendung Sungai Telake untuk mengairi lahan persawahan di daerah Kabupaten Paser dan Kabupaten PPU, bendung tersebut juga akan memberikan solusi untuk mengatasi banjir dari luapan air Sungai Telake yang sering terjadi.

“Bendung Sungai Telake juga akan jadi solusi banjir di Kecamatan Babulu. Banjir kiriman dari Kecamatan Long Kali, Paser hampir tiap tahun terjadi,” bebernya.

 

Ia menjelaskan, pada 2023 Desa Sumber Sari, Kecamatan Babulu dilanda bencana banjir kiriman dari Kecamatan Long Kali. Banjir tersebut merendam ratusan hektare sawah milik petani setempat. Sehingga memberikan ekonomi bagi petani setempat mengalami kerugian cukup besar karena mereka gagal panen.

 

“Pembangunan Bendung Sungai Telake ini program yang dapat menyelesaikan banyak masalah. Terutama pengairan lahan pertanian dan banjir,” papar Wakidi.

Ia menekankan jika Bendungan Sungai Telake dibangun banjir yang sering terjadi di kecamatan Long Kali hingga berdampak ke wilayah Kecamatan Babulu dapat diminimalisir.

 

“Sebab, nantinya air Sungai Telake sebagian akan dialirkan ke wilayah PPU untuk lahan pertanian,” tuturnya.

 

Wakidi berharap pemerintah pusat dapat merespons dengan cepat pembangunan Bendung Sungai Telake.

 

“oleh karenanya, jika tidak segera dibangun masalah banjir kiriman dari Kecamatan Long Kali akan sulit diatasi,” tuturnya. (ADV).

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.