Ketua Komisi II DPRD PPU Nilai Mutu Pendidikan di PPU Perlu Ditingkatkan 

by -47 Views

PENAJAM– Ketua Komisi II DPRD Penajam Paser Utara (PPU), Wakidi memandang mutu pendidikan di Benuo Taka harus terus ditingkatkan dalam rangka menyongsong Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kebijakan peningkatan mutu pendidikan dinilai penting untuk dilakukan pemerintah daerah. Karena menyangkut masa depan generasi muda PPU dalam menghadapi ketatnya persaingan di IKN nantinya.

“Peningkatan mutu pendidikan harus jadi prioritas pemerintah daerah untuk menghadapi pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kecamatan Sepaku,” kata Wakidi, Minggu (26/11/2023).

Politikus PKS ini menekankan, pemerintah daerah harus melakukan kajian peningkatan mutu pendidikan untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Kajian peningkatan mutu pendidikan diperlukan agar kebijakan yang dituangkan dalam program dan kegiatan terkait dengan pendidikan sesuai dengan kebutuhan generasi masa kini maupun yang akan datang.

“Kajian mengenai mutu pendidikan harus dilakukan dari sekarang agar SDM yang dilahirkan melalui sekolah-sekolah yang ada di PPU memiliki daya saing,” terangnya.

Wakidi mengungkapkan, selama ini pemerintah telah menunjukkan komitmen untuk memajukan dunia pendidikan. Hal tersebut dibuktikan dengan pengalokasian anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBD sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Meskipun telah memenuhi dari sisi kebijakan anggaran, pemerintah daerah masih memiliki pekerjaan rumah untuk meningkatkan mutu pendidikan seiring dengan adanya pembangunan IKN di Kecamatan Sepaku.

“Anggota DPRD akan terus memberikan dukungan ke pemerintah terkait dengan peningkatan mutu pendidikan. Karena, hal tersebut menyangkut masa depan anak-anak kita. Kami berharap peningkatan mutu pendidikan terus diupayakan oleh pemerintah agar generasi muda di PPU mampu bersaing di IKN,” tandasnya. (Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.