Hangatnya Suasana Kebersamaan Idul Adha Perdana di IKN

by -96 Views

BERITAPENAJAM – Suasana di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu malam (28/06/2023) terlihat ramai. Beberapa pekerja terlihat sedang duduk santai di kursi taman, berkumpul di masjid sambil mengumandangkan takbir, hingga menelepon keluarga terdekat menjelang hari raya Iduladha 1444 H. Kabarnya, besok sejumlah pejabat Otorita IKN akan ikut merayakan hari raya Idul Adha perdana di IKN tepatnya di Masjid Al-Ikhwan HPK.

Asril, salah satu petugas keamanan di HPK, mengaku senang dengan suasana ini.

“Walaupun Idul adha pertama di IKN dan jauh dari keluarga, tapi kami merasa terbantu karena semuanya dapat daging kurban. Mulai dari kami petugas keamanan, konstruksi, dan pekerja yang lain semua dapat bagian,” imbuhnya.

Keesokan paginya, sekitar 300 pekerja, termasuk pekerja konstruksi, keamanan, dan housekeeping yang tinggal di HPK sudah meramaikan Masjid Al-Ikhwan untuk melaksanakan salat id berjamaah. Sejumlah pejabat Otorita IKN juga ikut meramaikan masjid pagi itu.

Diantaranya adalah Kepala Otorita IKN Bambang Susantono; Kepala Kantor OIKN Balikpapan Brigjen TNI AD Achmad Adipati Karnawidjaja; Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Alimuddin; Kepala Biro Umum dan Pengadaan Barang/Jasa Tito Gesit Utiarto; Kepala Biro Keuangan, Barang Milik Negara, dan Aset Dalam Penguasaan Muji Budda’wah; dan Staf Khusus Bidang Keselamatan Publik IKN Brigjen Pol Edgar Diponegoro.

Di sisi lain masjid, aroma lezat soto Balikpapan yang merupakan campuran dari soto Banjar, sup saudara dan soto Lamongan yang ditambah dengan terong Dayak sudah tercium dari Kantin HPK. Tersedia 400 porsi soto Balikpapan dan camilan yang siap dihidangkan kepada semua jamaah dan juga pekerja lainnya yang tidak ikut melaksanakan salat id.

Terlihat senyum merekah dari wajah para pekerja saat mereka berjalan menuju Kantin HPK. Sambil menyantap makanannya, beberapa pekerja juga terlihat sedang menghubungi keluarganya melalui video call untuk memperlihatkan suasana hari raya Iduladha di IKN. Semua berlangsung dengan hangat dan penuh kebersamaan meskipun hari raya kali ini tidak dirayakan bersama keluarga di rumah.

“Baru kali ini saya dapat jamuan makan setelah salat id. Karena sebelumnya masih pandemi jadi nggak ada perayaan. Sekarang sudah bisa kumpul dan merayakan Iduladha pertama kali di IKN. Senang rasanya,” ujar Sudar, salah satu pekerja asal Banyuwangi yang ikut menikmati makan pagi bersama di Kantin HPK setelah salat id pada Kamis (29/06/2023).

Kegembiraan serupa juga dirasakan oleh warga sekitar Kawasan IKN, terutama warga yang sudah berkumpul di Masjid Nurul Muttaqin, Bumi Harapan untuk menyambut Kepala OIKN Bambang Susantono yang akan menyerahkan hewan kurban atas nama Bambang Susantono beserta keluarga secara simbolis.

“Alhamdulillah kami diamanahkan untuk menyembelih dua ekor sapi dan satu ekor kambing dari Otorita IKN. Semoga berkah untuk semuanya,” ucap panitia kurban Masjid Nurul Muttaqin saat proses penyerahan hewan kurban berlangsung.

Selain di Masjid Nurul Muttaqin, satu ekor sapi atas nama Prof. Mohammed Ali Berawi, Deputi Transformasi Hijau dan Digital beserta keluarga juga dibagikan kepada masyarakat Desa Bukit Raya yang diserahkan oleh Kepala Biro Keuangan, Barang Milik Negara, dan Aset Dalam Penguasaan Muji Budda’wah. Begitu juga 3 ekor sapi dan 6 ekor kambing lainnya yang dibagikan oleh pejabat Otorita IKN kepada masyarakat di Kelurahan Pemaluan, Kelurahan Sepaku, dan Desa Karang Jinawi.

Salah satu warga yang ikut membantu proses penyembelihan, Agus, juga menyampaikan harapannya.

“Saya senang karena sekarang jadi ramai daerah sini (Sepaku), ditambah ada pemberian hewan kurban juga untuk warga. Semoga nanti dengan adanya IKN jadi makin banyak juga peluang untuk kita,” ucapnya. (*)

Sumber: OIKN Nusantara

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.