DPRD PPU Dorong Pemda Revitalisasi Pelabuhan Kelotok Dan Spead

by -69 Views

BERITAPENAJAM.NET, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mendorong pemerintah daerah (Pemda), untuk merevitalisasi pelabuhan penyeberangan Penajam, baik itu pelabuhan penyeberangan klotok maupun speedboat, yang menghubungkan Penajam dengan Kota Balikpapan.

Komisi III DPRD PPU Sudirman menjelaskan, bahwa upaya revitalisasi pelabuhan kelotok menjadi penting, lantaran pelabuhan tersebut diibaratkan sebagai wajah bagi masyarakat Benuo Taka.

“Ini harus diperbaiki atau dirubah menjadi lebih baik, karena jika tidak begitu maka orang yang lalu – lalang juga akan mengurangi perhatiannya terhadap pelabuhan kita PPU ini,” jelasnya saat diwawancarai pada Senin (22/04/24).

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) banyak hal yang menjadi pertimbangan lainnya, pelabuhan penyeberangan kelotok dan speedboat, berdampingan dengan pelabuhan ferry, jika dibandingkan, unsur keamanan dan keselamatan penumpang yang menggunakan pelabuhan kelotok dan speedboat, tidak sebanding dengan yang ada di pelabuhan ferry.

“ASDP (Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan) sudah masuk objek vital, makanya pelabuhan ini harus berhampiran jadi harus sama-sama safety,” lanjutnya.

Diprediksi nantinya, akan ada pembebasan lahan dan untuk pelabuhan speadboat dan kelotok kemungkinan ada penyambungan yang akan dilakukan terkait penyeberangan ini.

“Anggarannya sudah ada, kami tergantung pemerintah lagi bagaimana mengatasinya, kita sudah cukup akan hal ini,” sambungnya.

Ia menyebutkan, bahwa perencanaan revitalisasi sudah dilakukan sebelumnya. Namun karena diperkirakan menggunakan anggaran yang cukup besar, sehingga tidak masalah apabila dilakukan secara bertahap.

“Harus dibenahi secara maksimal, untuk tahun ini ada alokasi anggaran, ” tutupnya. (Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.