DPRD PPU Apresiasi Kemenkes Beri Bantuan Ke Rumah Sakit Pratama Sepaku

by -50 Views

BERITAPENAJAM– Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Raup Muin berikan apresiasi kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) atas bantuan yang diberikan.

Sebelumnya dijelaskan Kemenkes akan memberikan bantuan anggaran guna meningkatkan fasilitas Rumah Sakit Pratama Sepaku, sebesar Rp 20 M ditahun 2023 untuk pembangunan fisik serta alat kesehatan yang diperlukan.

Raup Muin menyampaikan RS Pratama Sepaku, merupakan penunjang layanan kesehatan dalam tahapan pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Dalam proses pembangunan infrastruktur IKN, Rumah Sakit Pratama Sepaku menjadi garda terdepan untuk melayani kesehatan pekerja pembangunan IKN Nusantara,” ucapnya, Selasa (2/5/2023).

Namun kata dia, fasilitas RS Pratama Sepaku yang ada saat ini, belum memadai untuk memberikan layanan kesehatan bagi pekerja pembangunan infrastruktur IKN, sehingga diperlukan penambahan gedung layanan.

Untuk itu, DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara mengapresiasi upaya Kementerian Kesehatan yang memberikan bantuan anggaran untuk peningkatan fasilitas kesehatan di RS Pratama Sepaku.

Disebutkan juga dengan peningkatan fasilitas tersebut, akan meningkatkan status RS Pratama Sepaku, dari rumah sakit tipe D, menjadi rumah sakit tipe C.

“Peningkatan fasilitas RS Pratama Sepaku dari tipe D menjadi tipe C akan mampu melayani warga setempat dan pekerja konstruksi IKN Nusantara, tetapi untuk jangka panjang belum cukup karena masih butuh anggaran besar untuk pengembangannya,” kata dia.

Untuk bantuan yang diberikan Kemenkes berupa anggaran ditahun 2023 sebesar Rp 20 miliar, yang terbagi Rp 12 miliar untuk pembangunan fisik dan Rp 8 miliar untuk alat kesehatan.

Sedangkan di tahun 2024 RS Pratama Sepaku akan mendapatkan anggaran Rp 115 miliar, yang terbagi menjadi Rp 80 miliar untuk penambahan gedung dan Rp 35 miliar alat kesehatan oleh Kementerian Kesehatan. (ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.