DPMD PPU Persiapkan Tes Tertulis Kepada Bakal Calon Kades di Tiga Desa

by -81 Views

BERITAPENAJAM, – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur mempersiapkan pelaksanaan tes tertulis bagi 23 bakal calon kepala desa (kades) yang mendaftar sebagai peserta pemilihan kepala desa (pilkades) pada tiga desa yang melebihi batas regulasi yang ada.

“Seleksi tambahan berupa tes tertulis bagi 23 bakal calon kepala desa yang terdaftar pada tiga desa akan dilaksanakan pada 9 Oktober 2023,” kata Kepala DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara Pang Irawan di Penajam.

 

Seleksi tambahan berupa tes tertulis itu berlangsung karena bakal calon kepala desa pada tiga desa lebih dari lima orang yang mendaftar.

 

Diantara Tiga desa tersebut yaitu Desa Gunung Intan sebanyak tujuh orang bakal calon, Desa Labangka Barat enam orang bakal calon, dan Desa Giripurwa sebanyak 10 orang bakal calon.

 

“Direncakan tes tertulis kepada 23 bakal calon kades itu akan dilakukan yang punya kompetensi, yaitu bekerja sama dengan akademisi menjadi tim seleksi,” ujarnya.

 

Tes tertulis digelar di desa yang punya lebih dari lima orang calon kades itu bertujuan untuk penentuan kelayakan calon sebagai peserta pilkades.

Selain itu, juga menjaga transparansi dan profesionalisme proses tahapan Pilkades.

 

Pelaksana tes tertulis bakal calon kades harus menjamin kelayakan, agar tidak terjadi konflik dalam tes tambahan bakal calon kades dari tiga desa yang lebih dari lima pendaftar tersebut.

 

Direncanakan tes tertulis dilaksanakan oleh akademisi Universitas Indonesia (UI) Jakarta agar berlangsung adil dan jujur, jelas dia, karena tes tertulis salah satu tahapan pilkades yang dinilai rawan terjadi kecurangan yang menimbulkan konflik.

 

“Pembuatan soal dilakukan akademisi agar tidak ada kebocoran soal tes, dan tes tertulis 23 bakal calon kades dilakukan di satu tempat memudahkan pengawasan,” tambahnya.

 

Pelaksanaan tes tertulis terhadap 23 bakal calon kades dipastikan profesional dan transparan, karena hasil tes atau nilai sesuai kemampuan masing-masing peserta dan diyakini tidak terjadi kecurangan pada tes tertulis itu, demikian Pang Irawan.

 

Sebanyak 14 desa bakal menggelar pilkades pada 29 Oktober 2023, yaitu Desa Sidorejo, Giripurwa Bangun Mulya, Labangka, Gunung Intan, Rintik, Gunung Mulia, Labangka Barat diBumi Harapan, Argo Mulyo, Semoi Dua, Suko Mulyo, Karang Jinawi dan Desa Telemow. (ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.