Dinkes PPU Sediakan Vaksin Anti Rabies di Empat Kecamatan Secara Gratis 

by -104 Views

BERITAPENAJAM– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah menyiapkan vaksin anti rabies tersebar di empat kecamatan.

Empat lokasi tersebar itu diantaranya, di Puskesmas Penajam, Puskesmas Waru, Puskesmas Babulu, serta Puskesmas Maridan.

Saat diwawancarai Subkor Penanggulangan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan PPU, dr Rizka Aziza Darwis manyampaikan vaksin anti rabies atau VAR dipastikan pasokan vaksin tersedia, sehingga masyarakat dapat melakukan vaksin di fasilitas kesehatan terdekat.

“Kalau untuk vaksin anti rabies kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten PPU sudah disiapkan. Di setiap Kecamatan ada rabies center,” ungkapnya, Senin (3/7/2023).

Subkor Penanggulangan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan PPU, dr Rizka Aziza Darwis

Diketahui, di Kecamatan Penajam selain Puskesmas Penajam, Vaksin Anti Rabies juga tersedia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung, kemudian rencananya juga akan disediakan di rumah sakit Pratama Sepaku.

 

Rizka juga menambahkan, untuk VAR sendiri di bagikan secara gratis ke masyarakat tanpa di pungut biaya.

 

“Jadi untuk masyarakat yang membutuhkan silahkan ke rabies center terdekat, dan pemberian Vaksin itu gratis, tidak dipungut biaya,” ucapnya.

 

Pemberian dosis VAR akan diberikan dua kali di tangan kanan dan kiri bagi yang terkena gigitan hewan penular rabies. (adl/bp1)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.