Dinas Pertanian PPU Siap Terapkan Pertanian Berbasis Digital

by -77 Views

BERITAPENAJAM, – Dinas Pertanian (Distan) PPU merencanakan pembuatan Demonstrasi Farming (Demfarm) seluas 25 hektare, yang dilakukan kerjasama antara petani padi dengan satu kelompok tani Desa di Labangka Barat Kecamatan Babulu.

Demfarm ini merupakan model percontohan dalam implementasi smart precision farming. Menjadi strategi Distan PPU memperkenalkan dan mengimplementasikan teknologi moderen pada sektor pertanian, dan memberikan contoh ke beberapa komoditas yang dijadikan satu kelompok, mengenai pertanian terintegrasi.

“Dengan begitu nanti kita akan menerapkan sistem pertanian smart atau sistem pertanian pintar, sistem pertanian yang berbasis digital,” kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Distan PPU Gunawan, Selasa, (13/08/2024).

Tidak hanya itu, Ia mengatakan, pembudidayaan komoditas pangan, holtikultura, dan peternakan juga akan diterapkan disela-sela pelaksanaan demfarm.

Pembudidayaan pangan juga nanti akan didukung oleh desa korporasi sapi yang berada di wilayah tersebut sebagai bahan baku utama pupuk organik.

Dengan demikian, untuk memperdalam pembudidayaan komoditas pangan, pihaknya akan melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) pada Kamis 14 Agustus 2024.

“Memang PPU ini memang harus betul-betul strategis dalam ketersediaan pangannya,” pungkasnya. (Sam/Bp2/ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.