Antisipasi DBD, Dinkes Imbau Masyarakat Menjaga Kebersihan di Musim Hujan

by -27 Views
Dinas Kesehatan (Dinkes) Penajam Paser Utara (PPU), mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), mengingat saat ini masuk pada musim penghujan.

BERITAPENAJAM, – Dinas Kesehatan (Dinkes) Penajam Paser Utara (PPU), mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), mengingat saat ini masuk pada musim penghujan.

Saat diwawancarai diruang kerjanya, Ketua Tim Kerja Kesehatan Lingkungan Kesehatan Kerja Olahraga Samsir Jafar menjelaskan, kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan, dikarenakan terjadinya musim hujan di PPU yang dapat menyebabkan DBD dari jenis nyamuk Aedes Aegypti.

“Tentu melalui puskesmas, itu hal yang lazim dilakukan tanpa menunggu perintah, pasti sudah menyampaikan ke masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya, Senin (01/07/24).

Ia juga mempertegas bahwa masyarakat harus lebih aktif dalam mengawasi lingkungan sekitar dari ancaman penyakit tersebut, dengan upaya menggelar kegiatan rutin yakni Jum’at bersih.

” Bagaimana kita melakukan upaya untuk memberantas sarang nyamuk, kita akan mengetahui bahwa perindukan  nyamuk ini di air bersih bukan di air kotor,” tegasnya.

Lanjutnya, Dinkes PPU berharap juga keaktifan masyarakat untuk intens dalam membersihkan lingkungan, termasuk untuk di lingkungan sekolah.

“Untuk sekolah mungkin tidak terlalu beresiko karena masih hari libur, tapi saat masuk sekolah tetap harus menjaga kebersihan,” tutup, (Rd/Adv).

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.