5 Efek Samping Pengunaan SOFTLENS Jangka Panjang

by -451 Views

BERITAPENAJAM.Net -Seperti yang kita tahu softlens merupakan alat untuk membantu penglihatan selain dengan menggunakan kaca mata dan apa jadinya bila anda menggunakanya secara terus meneurs setiap hari?

yang harus di waspadai adalah ada beberapa efek samping pemakaian softlens jangka panjang yang tentu saja sangat merugikan kesehatan mata.

mata kita adalah anggota organ yang sangat sensitif jadi bila ada masalah sedikit saja akan sangat mengganggu penglihatan dan ada 6 efek samping memekai softlens jangka panjang yang telah saya rangkum di bawah ini:

Efek Samping Pemakaian Softlens Jangka Panjang

1. Infeksi Kornea
Sebenarnya penyebabnya bukan bakteri saja tetapi masih banyak lagi seperti oleh virus, kuman, dan jamur dan ini disebabkan oleh anda yang salah dalam melakukan perawatan softlens.

Sebenarnya hal ini bisa dicegah dengan cara merawat softlens yang benar, namun yang terkadang menjadi masalahnya adalah kita sibuk dan tidak memiliki waktu untuk melakukanya.

Selalu jaga kesterilan lensa kontak yang anda pakai agar tetap terjaga kebersihanya dan anda bisa terhindar dari berbagai sumber penyakit mata.

2. Softlens Meleleh
Jika di bayangkan hal ini cukup mengerikan bukan? ya benar hal ini bisa terjadi khusus softlens yang bahan pembuatanya dari plastik tipis dan sering terjadi pada penggunaan yang terlalu lama dan berada di hawa panas.

Selalu melepas softlens ketika tidak bepergian dan saat berada di rumah adalah langkah yang paling tepat untuk menghindari softlens yang meleleh.

3. Edema
Mata yang terlalu sering menggunakan softlens juga beresiko terkena penyakit Edema. Edema sendiri merupakan kondisi dimana mata anda kekurangan oksigen dan sangat kelelahan dan berujung pada pandangan anda yang menjadi kabur.

Memang benar ada beberapa produk softlens yang dibuat khusus agar oksigen bisa mengalir dengan bebas ke kornea tetapi tetap saja oksigen yang mengalir tidak sebanyak ketika anda tidak memakai lensa kontak.

4. Bleparitis
Jika anda merasakan gejala yang aneh pada kornea anda seperti, kornea terasa terbakar, gatal, dan mata anda mengeluarkan air mata berlebih dan tidak wajar maka berhati-hatilah bisa jadi itu adalah gejala Bleparitis.

Bleparitis sendiri terjadi lantaran mata anda tidak cocok untuk di pakaikan softlens sehingga bisa menimbulkan Inflamasi pada kelopak mata. ini adalah salah satu efek samping pemakaian lensa kontak jangka panjang yang cukup menakutkan jika mata anda memang tidak cocok namun tetap dipaksakan untuk tetap menggunakanya.

Penanganan pertama untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengkompresnya dengan air hangat selanjutnya anda langsung pergi ke dokter untuk mendapatkan perwatan lebih lanjut.

5. Keratitis
Terakhir dan yang paling berbahaya adalah penyakit keratitis yang terjadi karena peradangan pada kornea mata. penyebab dari penyakit ini adalah karena terinfeksi oleh virus Adenovirusyang bisa di tularkan oleh softlens yang anda pakai.

Ciri-ciri umum yang terjadi jika anda terkena penyakit keratitis adalah mata bengkak, disekitar bola mata anda berwarna merah, mengeluarkan cairan yang berlebih dan jika hal ini tidak segera di tangani dengan tepat bisa menyebabkan kebutaan.

Itulah beberapa efek samping menggunakan softlens jangka panjang semoga bermanfaat untuk anda dan selalu ingat kesehatan adalah hal yang utama jangan lantaran karena gaya dan fashion kesehatan anda di kesampingkan.

Sumber: softlens.info

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.