3 Penyebab Utama Rambut Beruban di Usia Muda

by -427 Views
Penyebab Uban Muncul Terlalu Cepat
BERITAPENAJAM.Net- Masih ingat dengan film Pendekar Rajawali yang perankan Andy lau? sejak berpisah dengan wanita yang dicintainya, Yoko menjadi stres dan rambutnya yang hitam panjang berubah memutih di usianya yang relatif masih muda. Stres memang salah satu faktor penyebab ubanan sebelum waktunya.
Berikut ini beberapa faktor yang menjadi penyebab rambut menjadi putih dan ubanan meskipun usia masih muda.
STRES
Hati-hati dengan stres, meskipun anda merasa sehat tetapi tubuh anda tanpa disadari akan menerima tekanan akibat pikiran yang sedang stres. Menurut Dr. Wirda, spesialis kulit dan kelamin dari RS Mitra Keluarga di Jakarta, stres menyebabkan macetnya produksi melanin yang merupakan pigmen alami pewarna rambut.
Melanin ini dihasilkan oleh sel melanosit, dan rambut berubah warna menjadi putih karena melanosit dalam tubuh tidak memproduksi melanin dalam jumlah yang cukup. Macetnya produksi melanin karena stres biasanya sifatnya sementara saja, setelah faktor penyebab stres hilang atau masalah sudah terkendali maka maka produksi melanin kembali normal dan rambut hitam kembali muncul di kepala.
“Karena itu cara terbaik mengatasi rambut uban tumbuh adalah dengan mengatur keseimbangan kerja dan istirahat, dengan demikian stres bisa diatasi dengan baik,”ujar dr. Wirda sebagaimana dikutip dari tabloid Senior.
Mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak vitamin B12 juga dapat menghambat dan mengatasi pertumbuhan uban di kepala. Menurut Diana Bihova, dari Medical Centre Universitas New York, stres yang berlebihan bisa menguras cadangan vitamin B12.
Terkurasnya vitamin B12 akan mempercepat tumbuhnya uban di kepala. Selain itu, perbanyak tertawa dan lepaskan stres anda dengan selalu berpikir positif, cara ini diketahui dapat menghambat dan mengatasi uban pada rambut.
GIZI BURUK
Faktor lain penyebab uban muncul sebelum waktunya adalah gizi yang buruk. Terkadang asupan makanan harian yang dikonsumsi tidak seimbang menyebabkan tubuh kekurangan gizi dan mempengaruhi kesehatan rambut.
Tidak hanya itu, gizi yang buruk juga akan mengganggu kondisi kesehatan tubuh secara umum. Pada anak-anak yang menderita gizi buruk umumnya memiliki rambut yang kemerahan, kusut dan tampak tidak sehat.
Meskipun terkadang makanan sudah mengandung gizi yang baik tapi menjadi tidak bermanfaat jika ada gangguan pencernaan misalnya luka pada lambung yang akan membuang gizi dan mengganggu metabolisme tubuh. Dampaknya secara tidak langsung berimbas pada kesehatan rambut.
FAKTOR GEN
Selain kedua faktor di atas, salah satu faktor lain yang mempengaruhi uban muncul dengan cepat padahal usia masih muda adalah faktor gen. Catatan tubuh tentang rambut putih tersimpan dalam kromosom yang diwariskan dari orang tua ke anak.
Ini artinya apabila orang tua memiliki masalah rambut beruban pada saat masih muda maka kemungkinan besar masalah tersebut juga akan di turunkan pada anak atau cucunya kelak.
Ada banyak hal yang mempengaruhi kualitas rambut dan menyebabkan munculnya uban di kepala meskipun usia masih muda, beberapa penyakit berat juga cenderung membuat rambut beruban pada remaja.
Selain itu adanya gangguan metabolisme, masalah pada ketahanan tubuh, gangguan fungsi ginjal, ada kelainan hormon dan paparan sinar X juga berkontribusi menambah jumlah uban di kepala.
Uban tidak lagi monopoli orang-orang tua, perkembangan zaman dan pengaruh lingkungan yang tidak sehat menyebabkan banyak anak muda yang juga mengalami uban di kepalanya. Karena itu mulai sekarang kita sebaiknya menghindari faktor-faktor yang dapat memicu tumbuhnya uban terlalu cepat agar kita tidak mewarisinya ke anak cucu kita kelak.

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.