Anggota DPRD PPU Minta Puskesmas Dibangun di Tiga Wilayah Pesisir Kecamatan Penajam

by -113 Views

BERITAPENAJAM– Peningkatan pelayanan kesehatan menjadi salah satu kebutuhan dasar pemerintah dalan melayani masyarakat Penajam Paser Utara (PPU), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) PPU dengan ini meminta kepada pemerintah setempat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah pesisir Kecamatan Penajam.

 

Untuk itu, tiga kelurahan bertetangga di pesisir Kecamatan Penajam antara lain, Kelurahan Pantai Lango, Gersik dan Jenebora. Wilayah pesisir ini belum memiliki fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai. Karena, ada satu Puskesmas Pembantu (Pusban) di Kelurahan Gersik.

 

Saat ditemui anggota DPRD PPU, Sudirman menyarankan, kepada pemerintah daerah untuk membangun Puskesmas untuk melayani tiga kelurahan di wilayah pesisir Kecamatan Penajam.

Dikatannya, bahwa pembangunan Puskesmas sangat dibutuhkan agar warga di tiga kelurahan tersebut dapat mengakses layanan kesehatan dengan mudah.

 

“Kami meminta pemerintah daerah agar membangun satu puskesmas untuk melayani tiga kelurahan di daerah pesisir tersebut. Karena, di sana hanya ada satu Pusban, tentu kelengkapan pelayanannya sangat terbatas dibandingkan Puskesmas,” kata Sudirman, Rabu (8/11/2023).

 

Sudirman menjelaskan, tiga kelurahan di pesisir Kecamatan Penajam harus menempuh perjalanan yang cukup jauh baik melalui jalur darat maupun jalur laut apabila hendak berobat di Rumah Sakita Umum Daerah  Ratu Aji Putri Botung PPU.

 

“Melihat kondisi geografis tersebut memang diperlukan membangun Puskesmas untuk melayani tiga kelurahan itu,” tuturnya.

 

Dalam wawancaranya Sudirman mengatakan, harus diwujudkan oleh pemerintah daerah. Apalagi sebagian wilayah Kelurahan Pantai Lango dan Kelurahan Gersik masuk area pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

Pembangunan Bandara VVIP IKN sedang berlangsung dan ditargetkan pemerintah pusat rampung pada Desember 2024. Dengan adanya pembangunan Bandara VVIP IKN, maka fasilitas pelayanan kesehatan harus disiapkan di daerah pesisir itu. Sebab kedepan, kebutuhan pelayanan kesehatan bakal meningkat.

 

“Bandara VVIP IKN mulai dibangun, semestinya kita juga harus cepat menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai,” tuturnya. (Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.