13.000 Pekerja Rentan di PPU dapat Bantuan BPJS Ketenagakerjaan dari Pemerintah

by -108 Views

BERITAPENAJAM– Sebanyak kurang lebih 13.000 pekerja rentan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mendapat bantuan stimulan berupa premi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dari Pemerintah.

 

Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi dan Jaminan Sosial (Disnakertrans) PPU Kuncoro menyebutkan, bantuan tersebut dari Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

 

Ia menerangkan bahwa pekerja rentan yang mendapat BPJS Ketenagakerjaan tahun ini sebanyak kurang lebih 13.000 orang. Terdiri dari 6.000 dari Pemda dan 7.000 dari Pemprov.

 

“Totalnya kalau di gabung dengan di perubahan sudah sebanyak 6.000 orang dan 7.000 orang dari pemerintah provinsi. Jadi totalnya 13 ribu yang mendapatkan jaminan ketenagakerjaan dari pemerintah,” ujarnya, Kamis (31/8/2023).

 

Kuncoro mengatakan Pemkab PPU telah mengalokasikan anggaran untuk 1.000 pekerja di APBD murni. Dan kembali dianggarkan untuk 5.000 di APBD perubahan.

 

Untuk para penerimanya disebutkam merupakan para pekerja nonformal, yang tidak mendapatkan tanggungan dari pihak ketiga. Salah satunya marbot rumah ibadah, motoris, ojek, petani, nelayan dan lainnya.

 

Dari angka tersebut dipastikan bakal terus bertambah karena pihaknya akan kembali mengusulkan 10.000 orang pekerja rentan agar turut didaftarkan dalam BPJS Ketenagakerjaan kedepannya. (adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.