Wakil Ketua I DPRD PPU Minta Pelaksanaan Seleksi Jabatan Sekda Berjalan Proposional

by -595 Views

BERITAPENAJAM – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Raup Muin berharap pelaksanaan seleksi lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) definitif lingkup pemerintah daerah berjalan secara proporsional.

Sebelumnya sejak dibuka pada 31 Mei 2022, ada lima pejabat dari internal Pemkab PPU yang mendaftarkan dirinya menjadi peserta lelang jabatan sekda definitif di Badan Kepegawaian, Pengembangan dan Sumber Daya Saya Manusia (BKPSDM) PPU.

Lima orang tersebut diantaranya adalah Penjabat (Pj) Sekda PPU Tohar, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Marjani, Kepala Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Santoso, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Suhardi dan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskukmperindag) Muhammad Sukadi Kuncoro.

Raup Muin mengatakan melihat kelima peserta seleksi sekda tersebut. Seluruh calon itu memiliki kemampuan yang baik serta telah mengetahui pemerintahan di PPU secara utuh.


Gedung DPRD PPU

“Hanya jangan sampai sekedar main-main saja. Ataupun hanya formalitas saja. Saya pikir orang-orang yang berpotensi saja yang mencalonkan itu,” kata Raup, Sabtu (11/6/2022).

Menurutnya, peran sekda bertugas membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah. Dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya, sekretaris daerah bertanggung jawab kepada Kepala Daerah atau Bupati.

“Yang penting pada saat diberi tugas tanggung jawab harus bertanggung jawab. Jangan intervensi oleh sebuah kepentingan atau pun jangan semata-mata hanya formalitas saja,” tandasnya. (ADV).

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.