Resmikan SLP, Kemenko PMK RI Sebut PPU Jadi Tulang Punggung SDM

by -43 Views

BERITAPENAJAM, – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia (RI), meresmikan Sekolah Laboratorium Pancasila (SLP) di SDN 013 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pada, Jumat (13/09/2024).

Menteri PMK RI Muhadjir Effendy, mengatakan, SLP ini bertujuan meningkatkan penerapan nilai-nilai pancasila kepada peserta didik yang ada di PPU.

” Terutama dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), untuk menyongsong hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN), ” kata Menteri PMK RI

Ia membeberkan, pihaknya memiliki tanggungjawab untuk menyiapkan SDM di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kemenko PMK menyebutkan dua fokus peningkatan SDM yakni, PPU, dan Kutai Kartanegara.

” Jadi, kesiapan SDM dilihat semua sisi dari keterampilannya. Mulai dari keterampilan vokasi yang nyatanya dibutuhkan di IKN, ” bebernya.

Kemudian, karakter anak-anak juga perlu disiapkan untuk menyongsong IKN. Untuk itu, kehadiran IKN ini akan menjadikan daerah yang bersinggungan dengan IKN sebagai tulang punggung SDM.

” Maka dari itu, kita perlu menyiapkan sejak dini dengan melalui berbagai cara, diantaranya menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada peserta didik, ” ujarnya

Lanjutnya, peresmian tersebut merupakan suatu hal yang bagus. Sebab, banyak cara dan metode yang digunakan untuk mensosialisasikan pemahaman dan penerapan nilai pancasila, agar dapat membantu perkembangan bangsa.

” Sekarang ini, salah satu cara untuk mengenalkan dan mengamalkan nilai pancasila kepada peserta didik. Kami meminta kepada anak-anak harus betul-betul menghayati pengalaman pancasila, ” tutupnya. (Rd/Bp2)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.