Presiden RI Kemah di IKN, Dinas Kesehatan PPU Siapkan Langkah Antisipasi Nyamuk Malaria

by -290 Views

BERITAPENAJAM – Dinas Kesehatan Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) telah menyiapkan segala antisipasi terhadap serangan nyamuk anopheles atau malaria di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) yang baru.

 

Pasalnya, Presiden Republik Indonesian Joko Widodo dalam waktu dekat akan melaksanakan perkemahan di Kecamatan Sepaku atau kawasan IKN.

 

Kepala Dinas Kesehatan sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr Jansje Grace Makisurat mengatakan telah mempersiapkan sejumlah langkah sebagai mengantisipasi serangan nyamuk anopheles itu. Seperti menyiapkan kelambu untuk aktivitas kemah di lokasi IKN.

“Kalaupun misalnya nanti datang kesana, kita pasti akan dilibatkan untuk pencegahan terutama misalnya agar tidak terinfeksi plasmodium malaria melalui nyamuk anopheles. kita kasih oles anti nyamuk dan kelambu,” ujar dr Grace, Sabtu (14/3/2022)


Kepala Dinas Kesehatan sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr Jansje Grace Makisurat.

Saat dikonfirmasi terkait lokasi IKN apakah masuk dalam area endemis malaria, dr Grace tidak membantah.

“Iya, endemis Malari di Kecamatan Sepaku. Memang ada nyamuk Malaria,” ujarnya.

Terpisah Anggota Pengelola Program Malaria Dinas Kesehatan (Dinkes) PPU Ponco mengatakan pihaknya telah melakukan penyisiran sehingga lokasi kemah presiden aman dari malaria. Selain itu pihaknya juga melakukan fogging untuk membunuh nyamuk dewasa.

“Kita sudah lakukan penyirisan, inshllah aman dari malaria,” ujarnya. (ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.