Perkuat Program Kementerian LHK, DPMD PPU Ajak Seluruh Desa di PPU

by -162 Views

BERITAPENAJAM, – Untuk memperkuat program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan KLHK), yakni Kampung Iklim, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, mengajak seluruh desa di daerah Benuo Taka memperkuat program  KLHK), yakni Kampung Iklim.

 

Ketika diwawancarai Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan Sosial Budaya DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara Nuryulianita Sunawardhati mengatakan sebagai upaya mengurangi emisi karbon, serta mengantisipasi perubahan iklim.

 

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mendapat kucuran dana karbon Rp 3 miliar yang diberikan Bank Dunia melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

 

Dana karbon yang disalurkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tersebut dikucurkan kepada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

 

Jajaran DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara terus melakukan penguatan kapasitas desa mengembangkan kampung iklim, melalui bimbingan teknis dan pelatihan berupa tata kelola lahan yang dapat membantu penurunan emisi karbon.

 

” DPMD PPU diberikan dana karbon itu sekitar Rp 400 juta untuk penguatan kampung iklim dengan kegiatan menjaga hutan dan mengelola lingkungan,” jelasnya.

 

Bimbingan teknis dan pelatihan yang telah diberikan diharapkan bisa desa melakukan tata kelola lahan yang lebih baik, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengelolaan hutan yang lestari.

 

Untuk diketahui, beberapa desa di Kabupaten Penajam Paser Utara yang ditetapkan menjadi kampung iklim oleh KLHK yakni, Desa Telemow, Bangun Mulya, Rintik, Babulu Darat dan Desa Babulu Laut.

Desa yang ditetapkan untuk menjalankan program Kampung Iklim itu dinilai masih memiliki cadangan hutan lindung yang bisa menyuplai oksigen, lanjut dia, sehingga harus dilestarikan bersama-sama melalui program kampung iklim.

 

DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara mendorong desa melakukan kegiatan yang berbasis lingkungan, dan mengupayakan agar desa yang menjadi kampung iklim terus bertambah dengan melakukan program lingkungan hidup. (ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.