Pemkab PPU Gelar Gerakan Tanaman Jagung

by -20 Views

BERITAPENAJAM, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) Dinas Pertanian (Distan) menggelar pembukaan gerakan tanaman jagung, sebanyak 25 Kilogram (Kg) dengan luas lahan satu hektare (ha) di Desa Gunung Mulia Kecamatan Babulu, Rabu, (23/10/2024).

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Penjabat Bupati PPU Zaenal Arifin, Kepala Distan, Camat Babulu, dan Kepala Desa Babulu, bekerja sama dengan Polres dan Kodim 0913.

Dalam sambutannya, Zaenal Arifin mengatakan bahwa gelaran itu tidak hanya sekedar kegiatan simbolis, tetapi menjadi salah satu langkah strategis dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat PPU, khususnya petani jagung.

” Saya menyambut baik dan turut gembira, kegiatan ini merupakan sebuah wujud kerja sama yang sinergitas dalam mempelopori perluasan lahan komoditas jagung,” Kata Zaenal dalam sambutannya.

Ia juga mengapresiasi kerja sama antar pemerintah daerah (Pemda), Polres, dan Kodim 0913 dalam gerakan tersebut.

Menurutnya, kolaborasi lintas sektor tersebut merupakan contoh nyata bahwa sinergi antara seluruh elemen masyarakat, termasuk TNI-Polri dan pemerintah, dapat mempercepat tercapainya tujuan pembangunan, terkhusus bidang pertanian.

Selain itu, Perlu diketahui jagung merupakan salah satu komoditas pertanian yang memiliki peran penting dalam ketahanan pangan nasional.

” Selain sebagai bahan pangan, kita juga perlu mengetahui jagung juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena digunakan dalam industri pakan ternak,” Jelasnya.

Sementara Kepala Distan PPU Andi Trasodiharto mengatakan, kegiatan itu sebagai upaya dinas pertamanan mendorong peningkatan produksi komoditas jagung di PPU.

” Kita berkolaborasi dengan pihak polres dan kodim serta seluruh stake holder terkait untuk meningkatkan komoditas jagung di daerah,” Pungkasnya. (Sam/Bp2)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.