Kenalkan Produk Pertanian, Dinas Pertanian PPU Gagas Pasar Tani

by -51 Views

BERITAPENAJAM, – Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) saat ini menggagas pasar tani berkelanjutan yang dilaksanakan dua minggu sekali. Tujuan tersebut agar para petani daerah tidak lagi mengalami kesulitan dalam menjual hasil pertaniannya.

Kepala Dinas Pertanian PPU Andi Trasodiharto mengatakan, pasar tani tersebut akan menjadi program unggulan, sebab dapat memperkenalkan jenis produk pertanian kepada setiap masyarakat secara umum.

” Tidak hanya PPU saja, masyarakat luar yang berlalu lalang juga dapat mengenal secara langsung hasil pangan di PPU,” kata Andi di Kantor Distan PPU, Jumat, (23/08/2024).

Pasar tani juga dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan harga hasil pertanian yang lebih terjangkau dibandingkan dengan dipasaran.

Dinas Pertanian PPU juga akan menyiapkan jenis daging didalam pasar tersebut, diantaranya, daging ayam kampung beserta telur, daging kambing, daging sapi, dan daging ternak lainnya.

Distan PPU juga mengusulkan tenda sebanyak 20 dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan sekitar Rp 100 Juta.

Tenda tersebut sebagai bentuk pemberian ruang terhadap para petani, agar dapat bertransaksi langsung dengan masyarakat, disertai peran penyuluh sebagai pendamping.

” Tenda itu, sudah masuk di APBD PPU tahun ini, mungkin dalam waktu sebulan sudah tersedia tenda itu. Tenda itu juga nanti kita tempatkan di BPP (Balai Penyuluh Pertanian) Kelurahan Petung,” pungkasnya. (Sam/Bp2/*)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.