Jelang Pilkada Pemkab PPU Sosialisasikan Netralitas ASN

by -28 Views

BERITAPENAJAM, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) menggelar sosialisasi kebijakan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjelang Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Dilaksanakan di Gedung Graha Pemuda, Jum’at, (13/09/2024).

Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, pemilihan itu, selain memilih pemimpin, juga merupakan manifestasi dari prinsip demokrasi yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Dalam konteks ini, netralitas ASN dan aparat pemerintah daerah memainkan peran yang sangat penting.

” Etika dan tanggung jawab moral oleh seluruh ASN dan aparat pemerintah daerah tanpa terkecuali merupakan sebuah kenetralan,” Kata Makmur Marbun dalam sambutannya.

Bahkan, kenetralan ASN menjamin bahwa setiap kebijakan dan keputusan yang diambil selama proses pemilihan tidak berpengaruh oleh kepentingan politik tertentu. Hal ini penting untuk memastikan bahwa Pilkada 2024 berlangsung secara jujur, adil, langsung, umum, bebas dan rahasia.

” Ini juga mencakup bagaimana kita bertindak dalam kapasitas kita sebagai pejabat publik, baik dalam sikap maupun dalam penyampaian informasi kepada masyarakat,”ucapnya

Untuk itu, melalui sosialisasi ia ingin mengedukasi dan menyegarkan kembali pemahaman kita tentang aturan dan pedoman yang mengatur netralitas ASN dan aparat pemerintahan desa.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan panduan yang jelas tentang bagaimana cara menjaga netralitas, serta menangani potensi yang mungkin muncul pada masing-masing tahapan Pilkada.

“Setiap pelanggaran terhadap prinsip netralitas tidak hanya akan merusak kredibilitas kita sebagai aparat pemerintah tetapi juga dapat merusak kepercayaan publik terhadap proses demokrasi,” jelasnya.

Marbun mengimbau seluruh kalangan ASN yang ada di Benuo Taka untuk menjaga integritas. ” Mari kita pastikan bahwa proses pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 berjalan dengan Jurdil dan Luber. Dengan komitmen dan kerja sama kita, saya yakin kita dapat menciptakan proses pemilihan yang bersih dan demokratis,” pungkasnya. (Sam/Bp2/Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.