Inginkan UMKM PPU Berkembang, Ion Ajak Warga Bergerak di Sektor Pangan

by -41 Views

BERITAPENAJAM, – Anggota DPRD Penajam Paser Utara (DPRD) Hariyono menginginkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tidak hanya terfokus pada sektor perdagangan.

Menurutnya, ada beberapa sektor yang dapat dijadikan sebagai sektor yang dapat disorot dalam usaha mikro, seperti sektor pertanian, perikanan, dan perkebunan.

” Dulu di PPU ini ada tiga sektor yang menjadi sumber penghasilan salah satunya pertanian,” kata Ion sapaan akrab Hariyono di Kantor DPRD PPU, Rabu, (09/10/2024).

Kata Ion, dari tiga sektor yang dikelola petani itu juga berpeluang besar untuk dijadikan UMKM. Tetapi tidak hanya sumbernya yang disiapkan, pemerintah juga perlu mempersiapkan tempat pemasaran, contohnya pasar.

” Dalam hal ini, kita meminta dinas terkait, mencari pasar untuk menampung penghasilan dari tiga sektor tadi,” bebernya.

Tak sampai disitu, pemerintah juga perlu mencari solusi agar pendistribusian hasil dari petani berjalan lancar. Karena kendala dari hasil itu hanya di bagian pendistribusian.

” Memang yang jadi persoalan saat ini, pemerintah masih kesulitan untuk menjual hasilnya, kami berharap pemerintah segera menemukan titik terangnya agar penghasilan dapat didistribusikan hingga internasional” pungkasnya. (Sam/Bp2/ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.