DPRD PPU Soroti Minimnya SDM Disektor Pertanian

by -17 Views

BERITAPENAJAM, – Anggota DPRD Penajam Paser Utara (PPU) Ishaq Rahman soroti minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) disektor pertanian. Menurutnya, pemerintah jangan hanya mempersiapkan pertanian modern tetapi juga menyiapkan tenaga kerja.

” Sekarang kan petani-petani kita kebanyakan tua ya, jadi perlu sekali itu penyiapan SDM,” kata Ishaq di Kantor DPRD PPU, Selasa, (15/10/2024).

Diketahui sebelumnya, Dinas Pertanian akan buat demonstrasi farming (Demfarm) atau pertanyaan modern berbasis teknologi di labangka barat seluas 25 hektare (Ha).

Maka dari itu Politisi Partai PDI-P itu menegaskan, pemerintah tidak boleh hanya berfokus pada pengembangan sistem pertanian.

” Jangan kemudian sistemnya dibuat maju akan tetapi petaninya juga perlu dipersiapkan SDM nya,” bebernya.

Ia menyarankan untuk pemenuhan Kebutuhan SDM itu, pemerintah harus melakukan sosialisasi pemahaman mengenai pertanian, dan menggelar pelatihan di setiap wilayah yang memiliki potensi pertanian yang berkembang.

” Jangan nanti alatnya canggih-canggih tetapi petani kita tidak bisa menggunakannya, hanya jadi penonton saja,” pungkasnya. (Sam/Bp2/*)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.