DPRD PPU Inginkan Pemkab Perhatikan Pelaku Usaha Ikan Asin

by -56 Views

BERITAPENAJAM, – Anggota DPRD Penajam Paser Utara (PPU) menginginkan pemerintah kabupaten (Pemkab), memperhatikan pengusaha ikan kering baik dari segi pemasaran maupun pendistribusian ke kancah nasional. sebab ikan asin memiliki kualitas yang cukup tinggi.

Anggota DPRD PPU Jamaluddin menjelaskan bahwa, ikan asin di PPU menjadi satu diantara sejumlah produk unggulan dari daerah yang berada di pesisir Benuo Taka. Sudah lama ikan asin menjadi primadona lokal, namun, potensi besarnya belum sepenuhnya dirasakan di kancah nasional.

Menurut Jamaluddin, Meski dikenal berkualitas tinggi, produk ini masih menghadapi berbagai tantangan untuk bersaing di pasar yang lebih luas. Salah satu kendala utamanya adalah keterbatasan akses pasar dan distribusi yang belum merata.

” Memang ikan kering ini sangat enak sekali di konsumsi, namun sangat disayangkan masyarakat hanya mengelolanya secara mandiri,” kata Jamal di Kantor DPRD PPU, Selasa, (08/10/2024).

Untuk itu, Ia mendorong Pemkab dan pelaku usaha perikanan harus fokus membenahi infrastruktur logistik, termasuk memperbaiki jalur distribusi dan meningkatkan fasilitas penyimpanan.

” Masyarakat kita yang di wilayah pesisir itu kan banyak yang mau usaha seperti itu, tapi tidak punya modal, tidak tahu cara mengelolanya,” ucapnya.

Ia berharap pemerintah dapat memberikan bantuan logistik kepada pengusaha ikan asin di PPU, sehingga minat para pelaku usaha tersebut mempunyai minat yang tinggi dalam berusaha.

” Minimal ada bantuan yang bisa diarahkan kemereka, karena memang selama ini belum tersentuh sama sekali,” pungkasnya. (Sam/Bp2/ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.