DPRD PPU Ingin Kompetensi SDM Lokal Jadi Prioritas IKN

by -40 Views
Hariyono mengatakan, hadirnya IKN di Benuo Taka akan banyak membutuhkan SDM.

BERITAPENAJAM, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Penajam Paser Utara (PPU), menginginkan Sumber Daya Manusia (SDM) selalu di tingkatkan, dengan hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku.

Anggota Legislatif PPU, Hariyono mengatakan, hadirnya IKN di Benuo Taka akan banyak membutuhkan SDM. Namun, kendala saat ini penduduk lokal di PPU banyak tidak mempunyai keahlian atau sertifikasi kerja.

Sementara, keahlian yang dibutuhkan di pembangunan IKN termasuk Bandar Udara (Bandara) VVIP banyak memerlukan berbagai keahlian. Diantaranya, keahlian kelistrikan, bangunan, pengelasan, dan lainnya.

” Saya sudah sampaikan ke Dinas terkait yakni, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) untuk menghitung jumlah masyarakat yang mempunyai keahlian tersebut, dan bedakan masyarakat yang belum mempunyai hal itu, ” kata Hariyono, Rabu (09/10/2024).

Ia membeberkan, untuk meningkatkan pekerja lokal, Pemerintah Daerah (Pemda) PPU perlu menggelar pelatihan khusus untuk masyarakat PPU.

” Jadi, nanti keahlian itu di sesuaikan dan adanya pelatihan ini pekerja lokal bisa menopang daerah nya sendiri, tanpa menggunakan pekerja luar daerah, ” bebernya.

Dengan demikian, perusahaan yang beroperasi di IKN diharapkan memprioritaskan tenaga kerja lokal.Hal ini sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2017 tentang Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Lokal. Dalam Perda tersebut, perusahaan yang beroperasi di PPU diwajibkan merekrut tenaga kerja lokal sebanyak 80 persen, dari total kebutuhan tenaga kerja. (RD/Bp2/ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.