DPRD PPU Dorong Pemda Tambah Guru Bahasa Daerah

by -46 Views

BERITAPENAJAM, – Sektor Pendidikan di Penajam Paser Utara (PPU) menjadi sorotan DPRD Setempat. Tenaga pengajar menjadi perhatian khusus agar dapat terpenuhi dengan baik.

Anggota DPRD PPU Jamaluddin mendorong Dinas Pendidikan (Disdik), dalam perekrutan Sumber Daya Manusia (SDM) bagian tenaga pengajar terutama guru Bahasa Daerah (Dayak dan Paser).

” Kalau memang itu perlu dilakukan perekrutan kita pasti support penuh itu,” kata Anggota DPRD PPU, Jamaluddin saat diwawancarai, Rabu, (09/10/2024).

Perlu diketahui Dalam CASN 2024, pemerintah PPU mendapatkan kuota 142 formasi tenaga guru. Namun, Disdik masih kekurangan ratusan tenaga pengajar, termasuk dibagian bahasa daerah.

Bahasa Dayak Paser masuk dalam muatan kurikulum lokal berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Penajam Paser Utara Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pelestarian dan Perlindungan Adat Paser

Untuk itu politisi Partai Nasdem itu sangat menginginkan penyeimbangan SDM guru bahasa daerah di bidang pendidikan terpenuhi dengan maksimal.

” Karena bahasa daerah itu masuk kedalam kurikulum, saya kira itu sangat perlu di efektifkan, harus betul-betul disesuaikan dengan kebutuhan,” ujarnya.

Menurut Jamal, Tujuan perekrutan guru bahasa daerah untuk menjaga kelangsungan hidup bahasa daerah dan sastra daerah, serta menjadikan penutur muda sebagai penutur aktif bahasa daerah.

” Tujuannya juga kan sangat baik, yaitu untuk mengenal lebih dalam daerah kita dan juga menambahkan pemahaman mengenai bahasa daerah kita,” tambahnya.

Ia berharap pemenuhan itu segera dimaksimalkan agar proses belajar dan mengajar siswa-siswi tidak terkendala dengan kurangnya guru bahasa daerah. (Sam/Bp2/ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.