Disnakertrans PPU Gencarkan Sosialisasi Dunia Kerja 

by -39 Views

BERITAPENAJAM, – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) gencar melakukan sosialisasi dunia kerja kepada para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kali ini, giliran siswa SMK Pelita Gama yang menjadi sasaran sosialisasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengubah pola pikir siswa agar lebih siap memasuki dunia kerja dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Kepala Bidang Penempatan, Pelatihan dan Transmigrasi, Eko Yulianto, mengungkapkan bahwa sosialisasi ini difokuskan pada bimbingan jabatan.

” Kami ingin mengubah mindset siswa agar mereka tidak hanya mencari pekerjaan, tapi juga pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya,” ujarnya, Kamis (10/10/2024).

Menurut Eko, ada empat kriteria utama yang harus dimiliki oleh pencari kerja, yaitu fisik, kemampuan, keahlian, dan attitude.

” Keahlian dan kemampuan memang penting, tapi attitude atau sikap juga tidak kalah penting. Banyak siswa yang memiliki kemampuan bagus, tapi karena attitude-nya kurang, mereka kesulitan mendapatkan pekerjaan,” tegasnya.

Salah satu hal yang ditekankan dalam sosialisasi ini adalah persiapan menghadapi wawancara kerja. Para siswa diajarkan untuk membuat Curriculum Vitae (CV) yang menarik dan sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Selain itu, mereka juga diberikan tips untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan pada saat wawancara.

” Jangan berlebihan saat membuat CV. Cukup tuliskan keahlian dan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Selain itu, perhatikan penampilan saat wawancara. Berpakaian rapi dan sopan santun adalah hal yang sangat penting,” tambahnya.

Disnakertrans PPU akan mengunjungi sebelas SMK di wilayah PPU untuk melakukan sosialisasi serupa. Eko berharap dengan adanya sosialisasi ini, para siswa SMK di PPU dapat lebih siap bersaing di dunia kerja, terutama di era pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

” Banyak tenaga kerja dari luar daerah yang masuk ke IKN. Kita ingin agar anak-anak daerah kita juga bisa mendapatkan kesempatan yang sama. Untuk itu, kita harus terus meningkatkan kualitas SDM kita,” pungkasnya. (May/Bp2)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.