Disdukcapil PPU Ungkap 800 Pemilih Pemula Belum Rekam KTP-EL

by -50 Views
Disdukcapil PPU terus mengupayakan untuk mengajar angka tersebut, dengan melakukan program jemput bola setiap pekan.

BERITAPENAJAM, – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Penajam Paser Utara (PPU) mengungkapkan, masih ada 800 pemilih pemula yang belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik.

Disdukcapil PPU terus mengupayakan untuk mengajar angka tersebut, dengan melakukan program jemput bola setiap pekan. Pemilih pemula itu menyasar kepada tingkat Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuaraan (SMA/SMK).

Menurut Sekretaris Disdukcapil PPU Mawar, Saat ini jumlah data pemilih pemula mencapai 6.093 siswa terhitung dari awal 2023. Namun, sekitar 800 siswa belum melakukan perekaman KTP-EL.

” Biasanya tim kami setiap datang ke sekolah-sekolah hanya mendapatkan sekitar 10 sampai 15 siswa yang melakukan perekaman KTP,” kata Mawar, di Kantor Disdukcapil PPU, Senin, (02/09/2024).

Dari 800 pemilih pemula yang belum merekam KTP-El itu, sebagian besar merupakan siswa SMK yang sedang menjalani praktik kerja lapangan (PKL) di luar sekolah.

” Kita mengimbau siswa yang sedang melaksanakan PKL di luar sekolah berkesempatan datang langsung ke kantor pelayanan Disdukcapil, karen di sekolah mereka tidak ada” lanjutnya.

Ia menambahkan, pemilih pemula ini mencakup usia 17 tahun dan telah memenuhi syarat memiliki hak suara di pesta demokrasi 27 November mendatang.

” Sebelum 17 tahun siswa sudah bisa merekam KTP-El, yang penting pada saat Pilkada nanti usianya sudah masuk 17 tahun,” ujarnya.

Ia menargetkan, perekaman tersebut dapat diselesaikan sebelum hari pencoblosan, ” Kita juga akan buka pelayanan di hari pelaksanaan pilkada dari pagi sampai siang. (Sam/Bp2/Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.