Dinas Pertanian PPU Gencar Vaksinasi Hewan

by -63 Views

BERITAPENAJAM, – Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melaksanakan pelayanan vaksinasi jemput bola ke beberapa wilayah di PPU, untuk mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

Kepala Dinas Pertanian PPU Andi Trasodiharto mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengunjungi para peternak untuk melakukan uji dan cek kesehatan hewan serta memberikan 1.000 dosis vaksin dan sejumlah vitamin.

” Rata-rata peternak sapi kita, dibebas liarkan kawasan pemeliharaan sapinya dan sedikit sekali kawasan yang terkurung juga terpantau,” kata Andi di Kantor Dinas Pertanian PPU, Selasa, (27/08/2024).

Untuk itu, Dinas Pertanian PPU gencar melakukan pemantauan dengan melibatkan beberapa dokter hewan untuk melakukan vaksinasi di berbagai tempat peternakan.

Adapun, pemberian vaksinasi itu tidak hanya untuk ternak ruminansia (hewan pemamah biak) melainkan juga kucing, kera (monyet), dan anjing.

Selain itu, pihaknya juga telah membuka tenda dibeberapa titik untuk vaksin rabies secara gratis. ” Kalau ada masyarakat kita yang memiliki anjing, kucing, dan kera segara datang ke tenda yang telah kita sediakan juga bisa mengabari langsung,” ucapnya.

Dengan adanya tenda vaksin rabies itu, antusias masyarakat untuk membawa hewan peliharaannya cukup banyak, yakni mencapai ratusan hewan dengan berbagai jenis.

” Semua itu kita lakukan secara berkelanjutan, tentunya untuk mencegah semua pada hewan ternak maupun non ternak,” pungkasnya. (Sam/Bp2/Adv).

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.