Dinas DPKP PPU Akan Perkenalkan Tugas Damkar ke Anak-anak Sekolah

by -302 Views
DPKP PPU akan menggelar program cegah bencana terhadap masyarakat.

BERITAPENAJAM, – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan menggelar program pencegahan bencana sebagai bentuk edukasi terhadap masyarakat agar memahami sistem yang dilakukan oleh Pemadam Kebakaran (Damkar).

Kepala Dinas DPKP PPU Fernando menyampaikan bahwa, selain penanggulangan pihaknya juga akan melaksanakan program pencegahan dengan mengundang anak-anak yang sedang melakoni pendidikan mulai dari Taman Kanak-kanak (TK) sampai tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Kita akan mengundang anak sekolah dari TK sampai SMP untuk bersosialisasi mengenai apa saja yang menjadi tugas kami, kita mengundang anak-anak karena pemikiran mereka masih kuat sekali,” ucap Fernando saat diwawancarai di halaman Kantor Bupati, Selasa, (27/07/2024).

Didalam program yang dilakukan nantinya akan diperkenalkan bagaimana cara pencegahan dan cara pemadaman ketika terjadi kebakaran skala kecil. Selain itu, juga diberikan penjelasan tentang tugas-tugas damkar selain memadamkan kebakaran seperti penyelamatan non kebakaran yang mana tugas tersebut.

“Evakuasi binatang berbahaya masuk rumah warga itu contoh tugas kami selain memadamkan si jago merah, penyelamatan hewan peliharaan dan juga penyelamatan yang dapat membahayakan nyawa manusia,” jelas Fernando.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan akan menjelaskan beberapa peralatan yang wajib digunakan para petugas pemadam kebakaran untuk melindungi diri saat bertugas memadamkan kebakaran, seperti Alat Pelindung Diri (APD) diantaranya helm safety, masker, baju tahan panas, sepatu safety serta pengenalan jenis-jenis mobil pemadam kebakaran sesuai fungsinya.

“Nantinya akan kita perlihatkan semua peralatan yang digunakan saat bertugas seperti APD dan jenis mobil pemadam sesuai fungsi” lanjutnya.

Ia berharap pengetahuan yang nantinya diberikan dapat bermanfaat bagi seluruh anak-anak dibidang pendidikan. (Sam/Bp3/Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.