Yusran Pimpin Upacara Hari Pahlawan

BERITAPENAJAM.NET -Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar memimpin upacara dalam rangka Hari Pahlawan. Kegiatan tersebut diikuti oleh jajaran TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, jajaran Korpri, Ormas Kepemudaan dan pelajar. Danlaksanakan di lapangan Upacara Kantor Bupati PPU, kamis (10/11) yang mengusung tema “Satukan langkah untuk negeri”.

Peringatan Hari Pahlawan ini juga dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Sekretaris Daerah Kabupaten PPU, Ketua TP PKK , Kepala SKPD dan camat se-Kabupaten PPU, kepala sekolah, sejumlah veteran, perwakilan Ormas Kepemudaan dan undangan lainnya.

unnamed

Dalam amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa, Bupati PPU menyampaikan “Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan merelakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan juga menunjukkan betapa spirit perjuangan dan mental – karakter kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan.

“Semangat Kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat-mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Semangat Kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun negara,” ucap Yusran pada saat acara.
Bupati melanjutkan bahwa setiap zaman memiliki tantangannya tersendiri oleh karena itu, setiap zaman harus mengembangkan respon kepahlawanan yang sesuai dengan zamannya.

ssn

“Setelah Indonesia merebut kemerdekaannya, Semangat Kepahlawanan tidak cukup hanya dengan mempertahankan patriotisme defensif, kita butuh patriotisme yang lebih positif dan progresif. Patriotisme sejati bukan sekadar mempertahankan melainkan juga memperbaiki keadaan negeri. Untuk keluar dari berbagai persoalan bangsa hari ini, patriotisme progresif dituntut menghadirkan kemandirian bangsa tanpa terperosok pada sikap anti-asing,” ujar Yusran

Dalam Kesempatan Tersebut Bupati mengingatkan Dalam rangka mencapai perikehidupan kebangsaan yang merdeka, bersatu berdaulat, adil dan makmur, patriotisme progresif harus mengembangkan ketahanan bangsa untuk bisa mandiri dalam ekonomi, berdaulat dalam bidang politik dan berkepribadian dalam kebudayaan.(humas)

Random Posts

Leave a Reply