Wisata Magrove Miliki Daya Tarik Pengunjung

by -298 Views

Segera Dibuatkan Payung Hukum, Target Jadi PAD PPU

BERITAPENAJAM.Net – Wisata Magrove Kampung Baru yang dikembangkan Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Perhubungan Kebudayaan Pariwisata (Dishubbudpar) kini menjadi destinasi wisata baru di tanah Benuo Taka. Walaupun wisata ini belum diresmikan, pengunjung selalu ramai datang ke lokasi tersebut.

“Wisata magrove ini sangat menarik dan memang pertama di PPU. Dilokasi ini juga pengunjung dapat menikmati keindahan hutan magrove yang masih alami dan berbagai biota alam yang ada disana seperti kerah ekor hitam, bekantan,  berbagai jenis burung liar, jenis kepiting-kepiting laut dan sebagaianya, “terang Kepala Bidang (Kabid) Budaya dan Pariwasata Dishubbudpar PPU, Darmawan, Selasa, (6/12) kemarin.

Namun lanjut Darmawan, jika pengunjung masih sulit menjumpai bekantan dilokasi itu, menurut dia, karena hewan tersebut memang cenderung masih takut dengan keramaian  atau kedatangan manusia, sehingga hewan yang kerap berkelompok ini selalu  menjauh dari lokasi tersebut.

“Tetapi dalam momen-momen tertentu pengunjung juga masih dapat melihatnya dilokasi tersebut. Biasanya bekantan terlihat dilokasi itu pada sore hari ketika keadaan mulai sepi, “bebernya.

Dikatakan Darmawan, wisata yang berada di kelurahan kampung baru kecamatan penajam tersebut memang selalu ramai dikunjungi. Mereka bukan hasa berasal dari PPU, namun pengunjung  juga berasal dari luar PPU seperti kabupaten paser, Balikpapan dan lainnya.

“Pada hari-hari libur kerja seperti sabtu dan minggu wisata magrove ini sangat ramai dikunjungi. Bahkan mereka bukan hanya berasal dari PPU, namun sebagian pengunjung juga berasal dari luar PPU seperti Paser dan Balikpapan, “kata dia.

Lanjut Darmawan, dilokasi wisata tersebut juga telah terbangun bentangan jembatan yang melintasi hutan magrove sepanjang 400 meter. Selain itu dilokasi yang sama juga telah terbangun masing-masing dua unit Gazebo dan dua unit Tower sebagai fasilitas wisata disana.

“Melihat sambutan masyarakat terhadap wisata ini kami sangat berterimakasih dan bangga sekali. Kedepan pembangunan kawasan wisata magrove di PPU ini ditargetkan juga akan menjadi trigger bagi sektor pariwisata lainnya di Kabupaten PPU,“  ucapnya.

 Kedepan juga kata dia, wisata magrove tersebut akan segera dibuatkan payung hukum dan perbupnya sehingga prosedur didalamnya dapat dijalankan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, seperti besaran tarip pengunjung, tarip parkir dan sebagainya.

“Hingga saat ini tahap pengerjaan tempat wisata tersebut memang belum selesai. Tahun depan kita berharap mulai pengerjaan fisik hingga payung hukum atau perbupnya telah selesai, sehingga tempat wisata ini dapat menjadikan sumber bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita, “pungkasnya, “pungkasnya

Seperti diketahui, Wisata magrove Kampung Baru ini nantinya dilengkapi gerbang utama, plaza, pujasera, playground, taman, zona permainan dan camping ground, kantor pengelola, toko suvenir, dan tentunya toilet. Ada juga kantor pengelola wahana permainan, gerbang masuk kawasan mangrove, guest house, restoran terapung, anjungan pandang, anjungan pandang hewan lindung, kawasan mangrove, musala, tempat pembuangan sampah sementara, parkir mobil, parkir sepeda motor, hingga parkir bus. (Humas6)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.