Waw.. ! Kasus HIV di PPU Meningkat, Satu Orang Meninggal Dunia

BERITAPENAJAM.NET-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencatat jumlah penderita Human Immuno Deficiency Virus (HIV), sampai saat ini sebanyak 63 kasus dan di tahun 2018, di ketahui meninggal sebanyak satu orang. Sedangkan di tahun 2017 ditemukan sebanyak 58 kasus meninggal sebanyak satu orang, artinya ada peningkatan mencapi 7 orang hingga 2018 saat ini.

Kepala Kasi P2 Dinas Kesehatan PPU, dr. Eka Wardana membenarkan bahwa terdapat peningkatan dalam tahun 2018. “Untuk di tahun 2018 sampai saat ini, ada tujuh kasus yang bertambah dan satu meninggal dunia dan ini menjadi perhatian kami,” tuturnya.

Dirinya juga mengungkapkan dengan jumlah penderita HIV sebanyak 63 kasus tersebut tersebut, itu tergolong cukup banyak, pasalnya hal tersebut merupan fenomena gungung es, (permukan terlihat kecil namun sebenarnya terdapat banyak kasus). “Semua kasus yang kita tangani dan terdata semua  terpantau dan termonitor,” ucapnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa, kasus yang ditemukan tidak hanya terpusat di satu daerah namun hal tersebut cukup merata. “Disemua daerah merata di empat kecamatan PPU, dan kami di bulan Agustus akan melakukan VCT mobile (Pengecekan HIV),”

Pria yang dikenal cukup aktif turun kelapangan tersebut menghimbau kepada masyarakat agar berperilaku seks dengan aman dan setia pada pasangan. “Kasus yang paling banyak yaitu prilaku seks yang menyimpang,” ungkpnya.(sh/bp1)

Random Posts

Leave a Reply