Waspadai DBD, Dinkes PPU Imbau Warga Terapkan Hidup Bersih Melalui Gotong Royong

by -249 Views
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), menghimbau masyarakat untuk memberantas penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD) dengan terus berpartisipasi membersihkan lingkungan sekitar.

BERITAPENAJAM, – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), menghimbau masyarakat untuk memberantas penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD) dengan terus berpartisipasi membersihkan lingkungan sekitar.

Diketahui sebanyak 333 jiwa, baik anak-anak maupun dewasa di PPU, dari jumlah tersebut penyumbang kasus yang mendominasi berada di Kecamatan Babulu, apabila dibandingkan pada 2023 hanya sekitar 57 jiwa dengan skala waktu yang sama.

Dinkes PPU bagian Entomologi Kesehatan Harjito Ponco Waluyo menekankan, masyarakat wajib memperhatikan segala sesuatu tempat yang berpotensi rawan Nyamuk Aedes.

“Setiap Minggu dilakukan kontrol ditempat penampungan air, tidak hanya itu tetapi seluruh lingkungan, kemudian kuras bak mandi, hal tersebut harus dilakukan,” ucap Ponco, saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (07/06/24).

Selain itu, Puskesmas terdekat telah menyediakan larvasida, maka masyarakat dihimbau agar mengakses, untuk memberantas jentik nyamuk dengan cara menaburkan.

“Ditempat-tempat yang ada jentiknya taburkan larvasida, itu bisa digunakan karna sudah terverifikasi aman,” sambungnya.

Ponco menjelaskan, kebersihan lingkungan harus menjadi prioritas utama masyarakat, dikarenakan Nyamuk Aedes itu miliki wawasan sekitar 200 meter yang artinya 25 harus dilakukan pembersihan per pekan.

“Kebersihan lingkungan, itu yang harus di utamakan, bukan hanya rumah sendiri tapi seluruh kawasan sekitar,” bebernya.

Ia berpesan kepada masyarakat terkhusus kepada orang tua, jika ada anak suhu badan meningkat akan tetapi tidak bergejala flu, segera dirujuk ke puskesmas terdekat.

Jangan menunggu dua tiga hari, langsung bawa ke puskesmas, apalagi dengan riwayat perjalanan,” pungkasnya. (Adv/Sam)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.