Waspadai DBD, 2 Warga PPU Meninggal Dunia Ditengah Pandemic CoViD-19

Waspada DBD, Ditengah Pandemic CoViD-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

 

BERITAPENAJAM.Net,- Masyarakat Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Kesehatan mengimbau tetap waspada terhadap penularan Demam Berdarah Dengue (DBD) ditengah pandemic CoViD-19 ini.

Warga juga lebih disarankan ditengah pandemic CoViD-19 ini tetap melakukan gotong royong, guna memberantas sarang nyamuk yang ada disekitar lingkungan rumah

” Yang terpenting itu pemberantasan sarang nyamuknya,” ucap Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinkes Kabupaten PPU, Eka Wardana Senin, (3/08/2020).

dr Eka juga menerangkan sejak awal tahun ini jumlah kasus DBD mencapai 101 kasus, pada bulan Januari ada 26 kasus, Februari 38 kasus, Maret 12 kasus, April 9 kasus, Mei 7 dan sepanjang Juni 3 kasus dan Juli 6 kasus. Dari total kasus tersebut, terdapat 2 orang anak meninggal dunia.

” Yang meninggal dunia ini di bulan Mei dan Juli, rata-rata usianya anak-anak,” jelasnya.

Lebih lanjut Eka, kondisi anak tersebut yang meninggal dikarenakan lambatnya penanganan medis karena orang tua  tidak mengenali tanda-tanda penyakit tersebut, Seperti demam tinggi selama 2 sampai 7 hari, nyeri di mata atau otot, dan kulit penderitanya yang memerah.

Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinkes Kabupaten PPU, Eka Wardana (Syahidrahman5)

  • ” Pasien sudah shock sehingga telat dibawa kefasilitas kesehatan, itu juga salah satu penyebabnya,” beber Eka ketika diwawancarai Beritapenajam.net

    Adapun trend kasus DBD ini menurut hasil temuannya, jumlah rata-rata kasus terbanyak dari 4 Kecamatan yang ada di PPU terbanyak ada di Kecamatan Sepaku.

    Menurutnya, seperti kondisi penghujan dan diselingi panas, dapat terjadi perkembangan biakan secara cepat oleh nyamuk aedes aegypti ini.

    ” Kita anjurkan memberantas sarang nyamuknya yang paling penting, dengan cara melakukan gotong royong. Jangan sampai berkembang biak,” tutup dr Eka Wardana (syahidr5)