Warga Desa Sidorejo Sambut Sosper “Energi Daerah”

Sosialisasi Peraturan Daerah di Desa Sidorejo, Anggota DPRD Provinsi Baharuddin Muin

BERITAPENAJAM.Net,- Anggota DPRD tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melaksanakan kegiatan sosialisasi Peraturan daerah (Sosper) nomor 8 tahun 2019 tentang Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Kaltim tahun 2019 – 2050.

Sosialiasi perda ini  dilaksanakan di Desa Sidorejo Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Anggota DPRD Provinsi dapil PPU-Paser Baharuddin Muin, meungkapkan kegiatan tersebut berjalan dengan lancar seluruh warga juga melakukan protokol kesehatan (Prokes) dengan baik.

” Alhamdulillah, Sosialisasi perda ini berjalan dengan lancar, untuk kegiatan Sosper ini sudah dua kali kita laksanakan hanya berbeda dari sebelumnya,” kata Baharuddin Muin.

Dalam membuka sosialisasi perda tersebut, Baharuddin menjelaskan gas dan batu bara yang merupakan berbasis fosil masih menjadi komoditas Ekspor andalan untuk menopang devisa negara. Dalam bentuk memenuhi kewajiban kontrak jangka panjang. Namun disisi lain pemanfaatan gas bumi domestik belum optimal.

Hal ini dikarenakan adanya keterbatasan infrastruktur gas dan penyerapan konsumsi gas dalam negeri yang masih rendah berakibat penciptaan multiplier effect bagi ekonomi domestik, terutama pengembangan industri, penyerapan tenaga kerja, dan peningkatan nilai tambah belum maksimal.

” Sumber daya berbasis fosil kedepannya akan habis, oleh sebab itu perlu diantisipasi dengan peningkatan penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT),” terangnya.

Oleh karenanya, kedepannya ketersediaan sumber daya energi tersebut dikelola dengan baik dalam jangka panjang dan mengantisipasi kebutuhan diberbagai kebutuhan sektor antara lain industri, transportasi, rumah tangga, komersial, non energi dan sektor lainya.


” Untuk itu maka perlu dibuatnya RUED yang berdemensi waktu yang lebih panjang kurang lebih 30 tahun kedepan sampai dengan tahun 2050  di evaluasi setiap lima tahun,” jelas Politikus Gerindra

Tambahnya, adanya RUED ini ialah bertujuan dalam jangka panjang dari Perda nomor 8 tahun 2019 yakni terwujudnya kemandiran dan ketahanan energi untuk provinsi Kalimantan Timur.

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Baharuddin Muin, Sosialisasikan Perda Nomor 8 Tahun 2019

Sab Mar 27 , 2021
BERITAPENAJAM.Net,- Anggota DPRD tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melaksanakan kegiatan sosialisasi Peraturan daerah (Sosper) nomor 8 tahun 2019 tentang Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Kaltim tahun 2019 – 2050. Sosialiasi perda ini  dilaksanakan di Desa Sidorejo Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Anggota DPRD Provinsi dapil PPU-Paser Baharuddin Muin, […]
%d blogger menyukai ini: