Wakil Ketua I DPRD PPU Nilai RSUD Sepaku Sebagai Penunjang Faskes Pembangunan IKN

by -200 Views
Wakil Ketua I DPRD PPU Raup Muin

BERITAPENAJAM, – Infrastruktur pembangunan layanan kesehatan yang berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) atau Rumah Sakit Pratama sebagai penunjang fasilitas kesehatan, saat ini tengah dalam pembangunan.

Dalam proses pembangunan itu, menurut Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Raup Muin RSUD Sepaku menjadi modal utama  untuk melayani kesehatan pekerja pembangunan IKN Nusantara.

 

Kendati demikian, fasilitas RSUD Sepaku yang saat ini belum optimal untuk memberikan layanan kesehatan pekerja pembangunan infrastruktur IKN, sehingga diperlukan penambahan ruangan baru lagi.

” RSUD Sepaku kita ketahui saat ini belum bisa menerima pelayanan bagi para pekerja yang berada di IKN,” tuturnya (04/05)

Selain itu RSUD Sepaku juga butuh penambahan perlengkapan dan alat kesehatan, serta tenaga dokter, sehingga harapannya dapat melakukan layanan kesehatan kepada pekerja pembangunan IKN Nusantara.

 

Untuk itu, Raup Muin juga menegaskan DPRD PPU mengapresiasi upaya Kementerian Kesehatan yang memberikan bantuan anggaran untuk peningkatan fasilitas kesehatan RSUD Sepaku.

 

Dengan peningkatan fasilitas RSUD Sepaku bakal memenuhi syarat mendongkrak status dari rumah sakit tipe D menjadi rumah sakit tipe C.

 

DPRD PPU tentunya sangat mendukung peningkatan status RSUD Sepaku itu, dikarenakan peningkatan akreditasi juga menjadi indikator fasilitas sarana dan prasarana kesehatan rumah sakit semakin lengkap.

Rumah Sakit Pratama Sepaku merupakan salah satu aset yang berada di Kecamatan Sepaku yang akan menjadi pusat pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

” Peningkatan fasilitas RSUD Sepaku dari tipe D menjadi tipe C, tentunya mampu melayani warga setempat dan pekerja konstruksi IKN Nusantara,” tandas Raup Muin.

 

Diketahui, untuk tahun ini (2023) RSUD Sepaku dapatkan anggaran Rp20 miliar, yang terbagi Rp12 miliar untuk pembangunan fisik dan untuk alat kesehatan Rp 8 miliar.

 

Pada tahun depan (2024) RSUD Sepaku bakal kembali dapat penambahan anggaran pembangunan fisik dan alat kesehatan dari Kementerian Kesehatan Rp115 miliar. (ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.