Wakil Ketua I DPRD Ajak Generasi Muda Lestarikan Adat dan Budaya Daerah

by -357 Views

BERITAPENAJAM – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Raup Muin mengajak kaum muda-mudi atau generasi penerus untuk melestarikan adat dan budaya daerah.

Menurut politikus Partai Gerindra ini, di Kabupaten PPU banyak kesenian asli daerah mulai dari tari-tarian, musik dan budaya adat istiadat yang harus terus dikembangkan dan diteruskan dari generasi ke generasi sehingga tetap terus dikenal oleh masyarakat.

“Generasi penerus harus terus melestarikan adat dan budaya daerah kita, apalagi kita ini sudah ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara, takutnya seiring berjalannya waktu jika tidak dilestarikan akan hilang,” kata Raup, Selasa (25/10/2022).

Menurut Raup Muin, dengan adanya upaya-upaya generasi muda untuk mempelajari dan mengembangkan berbagai seni dan budaya yang ada di daerah ini. Hal itu bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme.


Wakil Ketua I DPRD PPU Raup Muin

 

“Keberagaman Kebudayaan daerah ini merupakan kekayaan dan identitas bangsa yang sangat diperlukan. Terlebih untuk memajukan kebudayaan nasional kita di dengan perkembangan saat ini. Maka generasi penerus harus bisa melestarikan budaya kita,” ujarnya.

Pekan ini, di Kabupaten Benuo Taka sebutan daerah ini sedang menggelar Festival Belian Adat Paser Nondoi. Pagelaran ini menampilkan berbagai adat dan istiadat Paser. Selain itu banyak bazar UMKM yang disuguhkan.

Maksud dari adanya kegiatan ini ialah untuk menghormati para leluhur dan diberikan rezeki yang berlimpah.

Dalam prosesi upacara adat ini, terdapat sebuah prosesi untuk mengobati orang sakit dan mengusir roh jahat yang dilakukan setiap malam selama 7 hari berturut-turut. Prosesi ini didukung dengan menyediakan berbagai sesaji yang dipakai “Pulung” atau dukun setempat. (yn)

 

 

Penulis : Dian MS

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.