UPTD BBUPH Siapkan Bibit-bibit Unggul Bagi Petani

BERITAPENAJAM.Net– Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Balai Benih Utama Palawija dan Hortikultura Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) saat ini telah menyiapkan bibit unggul yang berkualitas bagi petani. Hal ini dalam mendukung program swasembada jagung dan kedelai tahun 2017.

Kepala UPTD Balai Benih Utama Palawija dan Hortikultura PPU Sukatnar mengatakan, Kabupaten Penajam Paser Utara mendapat jatah tanam jagung lebih dari 3.000 hektar. Dan pihaknya telah menyiapkan benih kedelai jenis Anjasmoro, Grobogan dan Kepak Kuning.

“Sedangkan benih jagung masih mengandalkan benih unggul jenis Bisma dan Arjuna,” terangnya, Sabtu (10/6/2017).

Saat ini UPTD BBUPH berupaya menyiapkan bibit masing-masing tiga ton yang siap digunakan oleh petani. Diantaranya benih palawija, jagung dan hortikultura. Benih yang dihasilkan UPTD ini juga telah memenuhi standar benih unggul seperti yang disyaratkan.

“Harapannya, bibit kedelai dan palawija yang dihasilkan dapat menambah jumlah bibit jagung dan kedelai bantuan dari pemerintah pusat untuk masa tanam 2017,” tuturnya Sukatnar.

Ia menambahkan, terdapat juga bibit hortikultura lainnya yang disiapkan. diantaranya jenis bunga-bungaan, sayuran serta buah-buahan andalan Kabupaten Penajam Paser Utara seperti melon dan semangka.

Dalam jangka panjang UPTD yang dibawah Dinas Pertanian ini juga akan mengembangkan benih padi unggul untuk memenuhi kebutuhan bibit padi di Kabupaten yang terkenal sebagai lambung padi Kaltim ini.

“Ke depan kita juga akan mencoba mengembangkan bibit padi unggul yang sesuai dengan kondisi tanah di PPU. Saat ini, untuk benih padi hanya ada di Desa Rempanga Kutai Kartenagara yang dimiliki oleh Dinas Pertanian Provinsi Kaltim,” jelasnya.(Toy/*/nit)

 

Random Posts

Leave a Reply