Tunjukan Hasil Terbaik, Sekda PPU Lepas Regu Pramuka Penggalang IV Kaltim 2023

by -184 Views

BERITAPENAJAM, – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Tohar melepas secara resmi kontingen lomba tingkat regu Pramuka Penggalang IV Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2023 di Kota Balikpapan, pada Rabu, (10/5/2023)

Dalam sambutannya Tohar mengatakan bahwa peserta Pramuka Penggalang lomba tingkat provinsi ini, paling tidak akan bertemu dengan regu pramuka dari sepuluh kabupaten/kota se-Kaltim.

Untuk itu dia meminta untuk menampilkan yang terbaik, gunakan momentum ini untuk mengasah kecakapan dan keterampilan sehingga pada tingkatan penggalang ini mampu memperoleh prestasi yang diharapkan.

“Jaga kesehatan, jaga kekompakan juga kesantunan. Perluas pertemanan sehingga akan menambah kenyamanan saudara dalam lomba ini. Kemudian tentu pergaulan kita akan lebih luas karena pramuka sesungguhnya tidak dibatasi oleh wilayah administrasi saja,” ucap Tohar.

Dikatakan Tohar, karena sejarah kepanduan itu dimulai bagaimana survei dalam menilai kehidupan dengan segala keterbatasan. Sehingga kepanduan dilahirkan dalam kondisi situasi yang tidak nyaman.

“Buka sejarah bapak pramuka dunia. Belau adalah letnan jendral seorang militer Inggris yang malang-melintang bertugas di daratan Afrika, Amerika, Afganistan dan lain sebagainya. Kalau adik-adik itu sempat membuka sejarah itu yakinkan tidak akan mendapatkan situasi dan kondisi yang tidak nyaman dari perjalanan yang bersangkutan sehingga beliau menuliskan bagaimana dia dalam cerita itu,” ungkapnya.

Sekda PPU itu juga menambahkan oleh karena itu spirit terbentuknya pramuka itu juga mudah-mudahan menjadi spirit kita hingga saat ini. Atau dengan kata lain referensi pengalaman ini mudah-mudahan menginspirasi cara berpikir dan bertindak kita sebagai pramuka sejati.

Selalu Pembina Pramuka Abdul Rauf menjelaskan jumlah peserta asal PPU sebanyak 16 orang terdiri dari putra 8 orang dari SMPN 3 Waru dan putri 8 orang dari SMP swasta Darmahusada Donghoa, Kecamatan Penajam.

“Kedua sekolah ini mewakili PPU dalam kegiatan Pramuka Penggalang IV Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2023 di Kota Balikpapan,” kata Abdul Rauf .

Rauf juga mengemukakan bahwa kegiatan lomba dilaksanakan mulai 11-15 Mei 2023 di Bumi Perkemahan Waduk Manggar Balikpapan.

Kemudian pada lomba tingkat IV ada beberapa kategori lomba diantaranya pada bidang ibadah, ketrampilan kepramukaan bidang olahraga dan bidang teknologi.

Ada juga satu cabang yang sangat menarik karena peserta dituntut kemampuannya untuk mendisain sebuah robotik dengan menggunakan aplikasi yang sudah ditentukan oleh panitia. Kemudian juga ada lomba membuat suatu bangunan darurat, panjat di diding, memanah, lomba tradisional menyumpit dan sebagainya.

“Alhamdulillah setelah melakukan persiapan selama tiga bulan terakhir segala materi yang akan diperlombakan sudah maksimal semua tinggal menunggu adik-adik kita mengikuti perlombaan ditingkat IV ini. mudah-mudahan prestasi yang membanggakan dapat diwujudkan dalam ajang ini,” harapnya. (Humas6/ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.