Tunjang Distribusi Logistik IKN, PUPR PPU Harapkan Jembatan Sungai Riko Segera Dibangun Pemprov Kaltim

by -15 Views

BERITAPENAJAM – Dalam rangka menunjang distribusi logistik pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pembangunan Jembatan Riko sampai Buluminung sebagai akses pedekat Jembatan Pulau Balang sangat diperlukan.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Riviana Noor.

“Karena akses jalan itu terkoneksi dengan Pelabuhan Benuo Taka di Buluminung dan Kawasan Industri Buluminung,” kata Riviana, Sabtu (24/9/2022).

Ia berharap jalan pendekat Pulau Balang dari Pantai Lango sampai Buluminung segera dibangun Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

“Harapannya segera dibangun, karena ini akan jadi akses penunjang distribusi logistik pembangunan IKN,” kata dia.

Selain itu, jika akses itu dibangun akan terkoneksi dengan lokasi rencana pembangunan Bandara VVIP IKN Nusantara di Kelurahan Gresik, Kecamatan Penajam.

“Saat ini hanya menunggu eksekusi dari pemerintah provinsi, karena perencanaan pembangunan akses itu sudah ada,” ujarnya.

Dijelaskan Riviana, beberapa tahun lalu, Pemerintah Provinsi Kaltim dan Dinas PUPR PPU telah melakukan survei lokasi pembangunan Jembatan Sungai Riko.

“Bentang jembatan sungai Riko diperkirakan sekitar 600 meter dan dibutuhkan anggaran sebesar Rp 600 Miliar,” ujarnya. (yn)

Penulis : Dian Ms

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.